Penyanyi Dangdut Legendaris Mara Karma Berpulang - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, May 7, 2015

Penyanyi Dangdut Legendaris Mara Karma Berpulang

Mara Karma (berkacamata). | ist

LAMPUNG ONLINE - Penyanyi dangdut legendaris yang terkenal banyak mengaransemen lagu dangdut, Mara Karma, meninggal dunia Rabu (6/5/2015). Kabar duka itu dibenarkan oleh sahabat Mara, pedangdut Rita Sugiarto.

"Belum tahu jam berapa tepatnya. Tadi saya ditelepon pemain gendang saya yang lama. Dapat kabar duka itu," kata Rita saat dihubungi, Rabu. 

Menurut Rita, sejumlah rekan pedangdut rencananya akan berziarah ke rumah duka almarhum malam ini juga. Salah satunya pedangdut Camelia Malik. Rita mengaku belum tahu pasti penyebab wafatnya Mara Karma. 

"Setahu saya yang dia derita itu kencing manis," kata Rita. 

Rita mengaku sudah puluhan tahun bersahabat dengan Mara Karma. Salah satunya ketika mereka berdua membentuk grup musik Orkes Melayu Jackta Group sekitar 1983. Sepanjang hidupnya, kata Rita, Mara Karma sudah mengaransemen ratusan lagu dangdut. 

"Salah satu lagu saya yang diaransemen Mas Mara itu 'Pacar Dunia Akhirat'" kata Rita. 

Rita ingat, sosok Mara Karma punya jiwa sosial tinggi. Pria itu dikenal tak segan menyambangi rekan-rekannya yang sedang sakit kendati dirinya sendiri sakit. Kaki Mara sudah diamputasi gara-gara penyakit diabetes yang ia derita. Rita berharap ada penerus Mara di belantika dangdut. 

"Regenerasi harus berjalan terus. Kan sudah menjadi hukum alam. Pedangdut yang baru harus lebih baik dari seniornnya," pesan Rita, seperti dilansir Tempo

Mara Karma dikenal di blantika dangdut pada 1980-an lewat grup musik OM Karisma. Sejumlah lagu Mara Karma juga sempat nge-hits seperti Resesi Dunia dan Sembilan Koma Lima. (*)

Post Top Ad