Polda Lampung Gagalkan Lima Warga Hendak Gabung ISIS - MEDIA ONLINE

Hot

Sunday, April 12, 2015

Polda Lampung Gagalkan Lima Warga Hendak Gabung ISIS

Sulistyaningsih

LAMPUNG - Saat ini, sepertinya kian banyak saja warga yang hendak bergaung ke ISIS. Entah apa motivasinya. Seperti di Provinsi Lampung. Diduga akan bergabung dengan kelompok ISIS, lima warga dari Kabupaten Pesawaran, Lampung, berhasil dicegah polisi, Minggu (12/4/2015).

Adapun empat dari lima warga yang nyaris berangkat itu yakni, Suwarta (58) Sugito (48) Waridin (57) Sukardi (37) Sutomo (67) yang merupakan warga Lebak Sari RT 02, Desa Mulyo Sari, Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Keempat warga itu mengaku, mereka mengikuti ajaran keras atau radikal ISISI tersebut atas dasar keinginan sendiri, tanpa paksaan atau dorongan dari siapa pun.

“Kami hanya tinggal menunggu informasi jadwal pemberangkatan ke negara Suriah saja,” ujarnya. Mereka juga mengaku telah memiliki dokumen-dokumen resmi, terkait pemberangkatan ke Negara Suriah. 

“Kami sudah memiliki paspor dan surat-surat lainnya untuk pergi ke Negara Suriah, semuanya ada yang mengurus,” ungkapnya, seperti dilansir Poskotanews.

Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsih membenarkan lima warga yang hendak berangkat ke Negara Suriah. Menurut dia, rencana pemberangkatan itu telah digagalkan oleh Babinkamtibmas, Babinsa dan muspika setempat. 

“Mereka telah diperiksa dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya,” jelas Sulistyaningsih. Mereka juga telah menandatangani surat perjanjian untuk meninggalkan ajaran itu, dalam perjanjian tersebut.

“Jika nanti mereka melanggar, kasusnya akan di lanjutkan ke ranah hukum,” terang Sulistyaningsih. (*)

Post Top Ad