Pasukan Infanteri 'Tempo Doeloe' Peringati Hari Infanteri di Lampung - MEDIA ONLINE

Hot

Saturday, December 20, 2014

Pasukan Infanteri 'Tempo Doeloe' Peringati Hari Infanteri di Lampung


LAMPUNG - Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar M. Sahil, bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Infanteri tahun 2014 yang dipusatkan di Lapangan Saburai, Enggal, Bandar Lampung, Jumat (19/12/2014).

Sebelum upacara, Pangdam II/Sriwijaya, Kapolda Lampung, FKPD Lampung, Walikota Bandar Lampung, Para Komandan Korem jajaran Kodam II/Sriwijaya, para pejabat teras dan Perwira Kodam II/Swj, serta segenap undangan lainnya mengikuti jalan kaki bersama dengan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) etape terakhir yang mengambil start di Makorem 043/Gatam Lampung dan finish di Lapangan Saburai.

Sesampainya di lapangan Saburai, dilanjutkan dengan upacara penyambutan Peleton Beranting YWPJ etape terakhir yang dipimpin Pangdam II/Sriwijaya. 

Dalam kesempatan tersebut, Iskandar mengungkapkan agar pengalaman yang diperoleh  selama mengikuti kegiatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dapat diambil hikmahnya, guna meningkatkan etos kerja dan kinerja sebagai prajurit Infanteri yang andal dan  profesional.

Selanjutnya, tepat pukul 09.00 WIB dilakukan upacara hari Infanteri. Dalam upacara hari infanteri tersebut juga ditampilkan pasukan infanteri tempo doeloe, ketika merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah. 

Dengan pakaian dan persenjataan serba sederhana, pasukan infanteri tempo dulu tersebut menyapa untuk mengingatkan generasi muda akan perjuangan TNI AD di masa lalu. Penampilan dan gerakan pasukan tempo dulu ini sempat memukau hadirin dan undangan yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam II/Sriwijaya membacakan amanat Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Mayjen TNI Hinsa Siburian, yang antara lain menyampaikan agar momentum peringatan Hari Infanteri ini dijadikan sebagai wahana untuk melakukan introspeksi dan mawas diri, terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan selama ini, sekaligus untuk membulatkan tekad dalam mengoptimalkan pelaksanaan tugas ke depan, seperti dilansir sumselprov.go.id.

Selain itu, juga ditekankan agar kebijakan Kasad untuk melaksanakan serbuan teritorial harus didukung dan dilaksanakan secara nyata, baik dalam sikap, tingkah laku maupun karya dan perbuatan oleh seluruh prajurit infanteri, serta senantiasa memelihara komunikasi sosial, kerjasama dan bergandeng tangan dengan berbagai instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat, untuk bahu membahu menyukseskan program pemerintah, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, bangsa, dan negara. 

“Setiap prajurit dan satuan infanteri dalam membangun dan meningkatkan soliditas, jiwa korsa dan ikatan batin yang kokoh dan kuat, haruslah konstruktif dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu persatuan dan kesatuan,” tegas Pangdam.

Usai upacara Hari Infanteri dilanjutkan dengan acara syukuran dan panggung hiburan prajurit bersama masyarakat. (*)

Post Top Ad