Terjerat Panama Papers, Menteri Perindustrian Spanyol Mundur - MEDIA ONLINE

Hot

Friday, April 15, 2016

Terjerat Panama Papers, Menteri Perindustrian Spanyol Mundur

Jose Manuel Soria

MEDIA ONLINE -
 Menteri Perindustrian Spanyol Jose Manuel Soria mengundurkan diri dari jabatannya pada Jumat (15/4/2016). Pengunduran diri menteri yang didukung partai berkuasa, Partai Populer,  setelah namanya terdapat dalam dokumen bocoran yang dikenal sebagai Panama papers.

Soria mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri dan dari parlemen beberapa hari sebelum memberi penjelasan di hadapan anggota parlemen tentang namanya yang muncul dalam Panama Papers.

Seperti dilansir Washington Post dan Tempo, Jumat (15/4/2016), Soria sebelumnya membantah sebagai pemilik perusahaan offshore di Bahama, meski namanya muncul di dokumen yang bocor. Ia mengatakan tidak memiliki saham, berpartisipasi, dan menempati posisi apa pun di perusahaan itu.

Media online Spanyol, El Confidencial, pekan ini mengabarkan, sebuah dokumen yang terbit pada September 1992 menyebutkan Soria dan seorang lain menjabat direktur di perusahaan bernama UK Lines Ltd.

Soria mengaku perusahaan Inggris yang mencantumkan namanya itu merupakan bisnis pengapalan keluarga yang dulu dia jalankan.

Reuters melaporkan, alasan Soria mundur adalah ingin membatasi dampaknya terhadap pemerintahan caretaker yang dibentuk menjelang pemilihan umum kedua yang kemungkinan diadakan Desember mendatang. (*)

Post Top Ad