Bertemu Presiden Iran, JK Ingatkan Soal Suni-Syiah - MEDIA ONLINE

Hot

Friday, April 15, 2016

Bertemu Presiden Iran, JK Ingatkan Soal Suni-Syiah

Hassan Rouhani

MEDIA ONLINE - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di sela-sela acara KTT OKI ke-13 di Istanbul, Turki. Dalam pertemuan kedua pemimpin negara tersebut, JK sempat meminta agar hubungan antara Iran dan Arab Saudi diperbaiki.

"Bagaimana mendukung perdamaian dan saya mendukung bagaimana Iran dan Arab Saudi diperbaiki lagi hubungannya, seperti itu," kata JK di KTT OKI, Istanbul, Turki, Jumat (15/4/2016).

Selain itu, dalam pertemuan ini juga dibahas hubungan kedua negara dan upaya untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi di negara-negara Islam, khususnya konflik yang terjadi di Palestina.

Sebab, menurut JK, Iran memiliki pengaruh yang besar untuk membantu mengatasi masalah ini. Masalah radikalisme dan terorisme yang telah terjadi di berbagai negara pun turut dibahas.

JK meminta agar seluruh negara secara bersama-sama mengatasi masalah itu. Lebih lanjut, JK mengingatkan, perbedaan ideologi agama seperti Sunni dan Syiah agar tak dijadikan sebagai perbedaan yang menimbulkan konflik, seperti dilansir Republika.

"Ya agama kita kan Islam kan, masalah Suni Syiah itu perbedaan melaksanakan agama. Itu kan boleh berbeda-beda, hormati saja, jangan dijadikan konflik perbedaan itu," kata JK.

Di samping itu, kedua pemimpin negara ini juga membahas bagaimana meningkatkan kerjasama dalam bidang perdagangan, terlebih saat ini sanksi yang dijatuhkan kepada Iran telah dicabut.

Sebelumnya, saat menghadiri pembukaan KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ke-13, JK menekankan pentingnya setiap negara Islam untuk saling menghargai perbedaan yang ada. (*)

Post Top Ad