Mudik Lebaran, Ruas Tol Sumatera di Lampung Dibuka - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, April 14, 2016

Mudik Lebaran, Ruas Tol Sumatera di Lampung Dibuka

Menteri PUPR: Ruas Tol Lampung Dibuka untuk Lebaran
Pembangunan Tol Sumatera di Lampung (ist)

MEDIA ONLINE - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah mendorong percepatan proyek pembangunan Tol Trans Sumatera. Diharapkan beberapa bagian dari ruas tol ini bisa digunakan saat musim mudik lebaran 2016.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengakui memang tidak semua ruas Tol Trans Sumatera bisa rampung saat musim mudik tiba. Namun dirinya memastikan ruas tol Lampung-Terbanggi Besar bisa dilalui nantinya.

"Nanti yang di Lampung-Terbanggi besar, mudah-mudahan bisa dibuka untuk Lebaran," tuturnya saat memasuki Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Sekedar informasi, malam ini sekitar pukul 19.00 tengah digelar rapat lintas kementerian guna membahas percepatan pembangunan Tol Trans Sumatera. Salah satu agenda yang akan dibahas di antaranya percepatan pembebasan lahan.

Selain Basuki dan Menteri BUMN Rini Soemarno, rapat ini juga dihadiri oleh Menteri Agrarian dan Tata Ruang atau Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan. Hingga kini rapat masih berlangsung tertutup, seperti dilansir Okezone.

Sekedar informasi, pemerintah saat ini tengah menyelesaikan pembangunan dua ruas jalan Tol Trans Sumatera di wilayah Sumut, yaitu ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai. Ruas tol tersebut merupakan bagian dari 25 ruas jalan tol di Pulau Sumatera yang akan dibangun sepanjang 2.819 km.

Progres konstruksi ruas tol Medan-Kualanamu mencapai 43 persen. Pembebasan tanah mencapai 85 persen. Sedangkan progres pembangunan seksi tiga yaitu Parbarakan-Tebing Tinggi yang merupakan bagian dari pembangunan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi telah mencapai 32 persen, sementara ruas tol Medan-Binjai pembangunan fisik telah mencapai 8 persen dan pembebasan tanah 78 persen. (*)

Post Top Ad