Pilkada di Way Kanan Lampung Nihil Calon Independen - MEDIA ONLINE

Hot

Monday, June 15, 2015

Pilkada di Way Kanan Lampung Nihil Calon Independen


WAY KANAN - Sampai dengan batas akhir penyerahan dokumen, tidak ada satu pun bakal calon independen dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Way Kanan, Lampung, yang mendaftar. Hingga batas akhir hari ini, Senin 15 Mei 2015 pukul 16.00, tidak ada satupun bakal calon perseorangan yang menyerahkan dokumen dukungan calon perseorangan.

"Ini artinya, pada pemilihan bupati dan wakil bupati Way Kanan 9 Desember 2015 mendatang, tidak ada calon perseorangan yang maju," jelas Komisioner KPU Way Kanan, Erwan Bustami, SH. MH. 

Erwan menambahkan, terkait dengan calon perseorangan ini, KPU Way Kanan sudah mensosialisasikannya pada acara ekspose sesuai PKPU No 2 Tahun 2015 di aula KPU pada 30 April 2015, yang dihadiri forkopimda, parpol, pers, OKP, ormas, panwaslu dan mahasiswa. 

"Selain itu pada 28 Mei 2015, KPU Way Kanan juga menyelenggarakan sosialisasi pencalonan. Pengumuman jadwal penyerahan dokumen dukungan calon perseorangan, KPU Way Kanan juga  telah mengumumkannya di radio RRI Way Kanan dan radio Rapansa Baradatu, sejak 24 Mei  hingga 7 Juni dan laman kpu waykanan.blogspot.com, serta pengumuman di kantor KPU Way Kanan," terang Erwan. 

Dijelaskan, calon perseorangan dapat mendaftarkan diri sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Way Kanan, apabila memenuhi syarat dukungan paling sedikit 8,5% atau sebanyak 40.190 jiwa, dari jumlah penduduk Kabupaten Way Kanan yang berjumlah 472.815  jiwa, yang tersebar lebih dari lima puluh persen jumlah kecamatan di Kabupaten Way Kanan atau minimal delapan kecamatan. 

"Sedangkan untuk calon yang diusung oleh parpol atau gabungan dari parpol, harus memiliki minimal 20 persen dari jumlah kursi di DPRD yaitu sebanyak 8 kursi atau mendapatkan 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilihan Umum anggota DPRD Kabupaten Way Kanan tahun 2014 sebanyak 61.180 suara sah," jelas Erwan yang juga salah satu perintis berdirinya KNPI Way Kanan. (heri)

Post Top Ad