Tahun Depan, Lampung Tuan Rumah Rakorgub Se-Sumatera - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, May 14, 2015

Tahun Depan, Lampung Tuan Rumah Rakorgub Se-Sumatera

Adeham (ketiga dari kanan). | ist

LAMPUNG - Provinsi Lampung akan menjadi tuan rumah rapat koordinasi gubernur (Rakorgub) se-Sumatera pada tahun 2016, untuk membahas isu-isu strategis, khususnya percepatan pembangunan di wilayah itu.

"Pemprov Lampung siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakorgub se-Sumatera 2016 tersebut," kata Asisten Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sekretariat Provinsi Lampung, Adeham, Rabu (13/5/2015).

Ia menyebutkan bahwa rencana pelaksanaan Rakorgub se-Sumatera 2016 itu terungkap pada Rakorgub se-Sumatera 2015 yang diselenggarakan di Aceh dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Aceh Dr H Zaini Abdullah. Hadir dalam acara tersebut sejumlah gubernur dan para kepala Bappeda se-Sumatera.

Zaini Abdullah menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan komitmen dan semangat kebersamaan untuk membangun wilayah Sumatera secara bersama dan dikemas dalam suatu rencana yang bersinergitas antarprovinsi se-Sumatera, sehingga tercipta pembangunan daerah yang seimbang.

Tujuan Rakorgub, lanjutnya, adalah sebagai sarana mengembangkan pola komunikasi antarpemerintah daerah se-Sumatera, sebagai wadah evaluasi hasil kerja sama dan kesepakatan yang telah terjalin sebelumnya.

Adapun Tema Rakorgub 2015 'Mendorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi Sumatera melalui Penguatan Konektivitas Antar Wilayah, Kemandirian Energi dan Pangan, serta Peningkatan Daya Saing SDM'.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Taufik Hidayat menginformasikan bahwa telah ditandatangani 10 (sepuluh) butir kesepakatan gubernur se-Sumatera tentang tindak lanjut percepatan pembangunan se wilayah Sumatera, meliputi memperkuat konektivitas antarpusat pertumbuhan Sumatera.

Kemudian, memperkuat kemandirian energi, meningkatkan produksi pangan untuk mewujudkan kedaulatan pangan, mendorong upaya pelestarian lingkungan dalam skema pembangunan yang berkelanjutan, seperti dilansir Lampost.

Memperkuat kapasitas sumber daya manusia dan menumbuhkan daya inovatif masyarakat dalam menyambut masyarakat ekonomi Asean. Mendorong semua provinsi yang mempunyai wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil untuk melakukan kerjasama ekonomi.

Mendorong peran pemerintah dan swasta untuk membangun kawasan industri hilir sesuai potensi daerah. Mendorong peningkatan kunjungan wisata Sumatera melalui pencanangan 'Visit Sumatera' tahun 2020. Memperkuat kerja sama perempuan dan perlindungan anak, dan mendesak Pemerintah Pusat untuk penguatan kapasitas keuangan daerah melalui alokasi DBH sektor perkebunan terutama CPO dan karet. (*)

Post Top Ad