Pameran Lomba Karikatur Nabi Muhammad, Dua Tewas - MEDIA ONLINE

Hot

Tuesday, May 5, 2015

Pameran Lomba Karikatur Nabi Muhammad, Dua Tewas

Polisi menenangkan peserta Muhammad Art Exhibit and Contest setelah mereka dicegah meninggalkan gedung ketika tembakan menembak terjadi di Curtis Culwell Center, Texas, 3 Mei 2015. (reuters)

TEXAS - Amerika Serikat sekali lagi terguncang setelah dua orang bersenjata dinyatakan tewas saat mereka melepaskan tembakan di sebuah pameran, Minggu (3/5/2015). Keduanya dilaporkan membawa serta bahan peledak.

Reuters menyebutkan pria-pria tersebut ditembak dan tewas setelah mereka menembaki penjaga keamanan di luar gedung Curtis Culwell Centre di Garland, Texas, selama acara pameran yang menampilkan karikatur Nabi Muhammad. Penembakan terjadi sekitar 19.00 waktu setempat.

Pameran diselenggarakan oleh Pamela Geller, Kepala Inisiatif Perjuangan Kebebasan Amerika (AFDI), organisasi berbasis di New York yang sebelumnya telah menimbulkan kontroversi setelah membayar iklan antimuslim di bus kota. Acara itu dimaksudkan untuk memberikan penghargaan US$ 10 ribu dolar atau sekitar Rp 130 juta kepada mereka yang menampilkan kartun terbaik dari gambar Nabi Muhammad.

"Peristiwa yang mengerikan ini adalah gambaran betapa pentingnya isu kebebasan itu," ucap Pamela pada Fox News dan dilansir Tempo.

Ratusan orang masih berada di dalam setelah beberapa tembakan terdengar. Setelah penembakan, bangunan dan lokasi sekitar kejadian dijaga tim polisi SWAT. 

Associated Press mewartakan, ada kecurigaan kendaraan milik penyerang menyimpan alat peledak. Sebuah penjinak bom telah dikirim ke lokasi kejadian, dan aktivitas di sekitarnya sementara dihentikan.

"Kami siap untuk sesuatu seperti ini, karena ada petugas tambahan yang disewa oleh distrik sekolah," ucap Joe Harn, juru bicara Departemen Kepolisian Garland, dalam konferensi pers pada Minggu malam. "Ada banyak penyelidikan yang harus dilakukan." (*)

Post Top Ad