Mulai Besok US SD, Lampung Diikuti 147.482 Siswa - MEDIA ONLINE

Hot

Sunday, May 17, 2015

Mulai Besok US SD, Lampung Diikuti 147.482 Siswa

ilustrasi

LAMPUNG - Mulai besok, Senin (18/5/2015), siswa Sekolah Dasar (SD) sederajat di Indonesia akan mengikuti Ujian Sekolah (US). Untuk di Lampung, ujian sekolah tersebut akan berlangsung selama tiga hari dengan tiga materi ujian yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan diikuti sebanyak 147.482 siswa.

Materi soal US SD ini 75 persen dibuat masing-masing dinas pendidikan daerah dan hanya 25 persen yang berasal dari pusat. Hal ini berbeda dengan soal Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA, yang semuanya dibuat oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud).

Satu hari menjelang pelaksanaan US SD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Heri Suliyanto menyebutkan, pendistribusian soal dan lembar jawaban dipastikan sudah menjangkau seluruh kabupaten kota di Lampung.

Semuanya sudah kami didistribusikan sejak Jumat (15/5/2015) pagi. Sekarang sudah diterima semua dinas pendidikan kabupaten kota. Kalau sekolah yang aksesnya jauh, soal sudah terlebih dahulu kami distribusikan sejak kemarin ke masing-masing sub rayon jadi semuanya terjangkau," terangnya, Minggu (17/5/2015).

Untuk mengantisipasi kesulitan pendistribusian soal dari masing-masing Disdik kabupaten/kota ke sekolah yang letaknya terpencil, pihak disdik kabupaten/kota telah melakukan pendistribusian soal lebih awal ke sekolah yang menjadi sub rayon di bawah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) setiap daerah, seperti dilansir Lampost.

"Sementara untuk daerah kota atau yang aksesnya terjangkau, distribusi soal ke masing-masing Sub Rayon dilakukan Senin pagi besok. Kami juga menjamin keamanan soal dari kasus kebocoran. Selama pendistribusian soal dikawal ketat oleh petugas kepolisian," jelas Heri. (*)

Post Top Ad