Indonesia Tumbang di Semifinal Piala Sudirman 2015 - MEDIA ONLINE

Hot

Saturday, May 16, 2015

Indonesia Tumbang di Semifinal Piala Sudirman 2015

Bellaetrix Manuputty

LAMPUNG ONLINE - Indonesia gagal merebut gelar Piala Sudirman 2015 setelah dikalahkan Tiongkok 1-3 di babak semifinal, Sabtu (16/5/2015). Kepastian itu didapat setelah ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari kalah di pertandingan keempat.

Greysia/Nitya dikalahkan pasangan Tiongkok, Tang Yuanting/Yu Yang, lewat permainan tiga set 21-17, 17-21, dan 15-21, di Dongfeng Nissan Sports Center, Dongguan.

Kemenangan yang diraih Yuanting/Yu Yang memastikan langkah Tiongkok ke babak final dengan kemenangan 3-1. Ini adalah kali ke-11 beruntun Tiongkok berhasil melangkah ke babak final Piala Sudirman.

Tiongkok juga merupakan juara bertahan Piala Sudirman dalam lima edisi terakhir. Sementara Indonesia kembali gagal ke final, setelah kali terakhir berhasil melangkah ke partai puncak pada 2007.

Indonesia sempat unggul 1-0 setelah ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mengalahkan Cai Yun/Fu Haifeng. Tiongkok menyamakan kedudukan 1-1 setelah tunggal putri Indonesia, Bellaetrix Manuputty, mengundurkan diri saat melawan Li Xuerui karena cedera lutut di set pertama.

Tiongkok berbalik unggul 2-1 usai Chen Long menundukkan tunggal putra muda Indonesia, Jonatan Christie, dua set langsung. Yuanting/Yu Yang kemudian memastikan langkah Tiongkok ke final.

Di babak final, Tiongkok akan menghadapi pemenang antara Korea Selatan melawan Jepang di pertandingan semifinal lainnya, seperti dilansir CNNIndonesia.

Perlawanan sengit

Ganda putri Indonesia sebenarnya mampu merebut set pertama meski Yuanting/Yu Yang memberikan perlawanan sengit. Pertandingan sempat berjalan imbang 9-9, sebelum Greysia/Nitya berbalik unggul hingga 11-9 setelah pukulan Yuanting keluar.

Kesalahan Yu Yang dalam melakukan serve membuat pasangan Indonesia sempat unggul 14-19. Namun, Yuanting/Yu Yang kembali menyamakan kedudukan 14-14 melalui smash yang dilakukan Yuanting.

Sebuah permainan net apik Greysia membuat Indonesia kembali memimpin 15-14. Greysia/Nitya semakin menjauh 18-15 setelah smash Yu Yang melebar.

Pasangan Tiongkok sempat mendekat 17-19, tapi Yu Yang kemudian melakukan kesalahan. Pukulannya mengenai net meski dalam posisi untuk melakukan smash. Greysia/Nitya pun mengakhiri set pertama dengan kemenangan 21-17.

Di set kedua Yuanting/Yu Yang tampil lebih agresif dan memimpin 6-4. Pasangan Indonesia mulai mendekat 8-9 setelah Yu Yang salah melakukan serve dan smash Yuanting keluar.

Kedudukan sama kuat 11-11 setelah smash Nitya tidak mampu dikembalikan dengan sempurna oleh Yuanting. Greysia/Nitya sempat memberikan perlawanan, namun Yuanting/Yu Yang perlahan tapi pasti mulai menjauh. Pasangan tuan rumah menutup set kedua dengan kemenangan 21-17.

Di set penentuan, Greysia/Nitya kembali memberikan perlawanan sengit. Kesalahan serve yang dilakukan Greysia membuat kedudukan sama kuat 4-4. Yuanting/Yu Yang kemudian berhasil meraih lima poin beruntun untuk unggul 10-6 setelah pengembalian Nitya hanya mengenai net.

Kesalahan serve dari Nitya membuat Yu Yang/Yuanting unggul 15-9. Nitya kembali melakukan kesalahan setelah pukulannya hanya mengenai net, dan kedudukan menjadi 16-9 untuk pasangan Tiongkok.

Yuanting/Yu Yang akhirnya memastikan langkah Tiongkok setelah smash Yuanting tidak mampu dikembalikan Greysia. Yuanting/Yu Yang menutup set ketiga dengan kemenangan 21-15. (*)

Post Top Ad