Kelak, Kamera Smartphone Bisa Deteksi Kandungan Alkohol - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, April 9, 2015

Kelak, Kamera Smartphone Bisa Deteksi Kandungan Alkohol


CALIFORNIA – Kamera smartphone di masa depan diprediksi akan dapat memberikan gambaran tentang bahan penyusun dari objek yang dijepret. Teknologi kamera itu, saat ini tengah dikembangkan oleh seorang insinyur asal Tel Aviv.

Dilansir laman Science Alert dan Okezone, Rabu (8/4/2015), insinyur listrik asal Tel Aviv University di Israel telah menemukan sebuah perangkat yang bisa mengubah kamera smartphone menjadi sensor hyperspectral. Kamera tersebut nantinya akan mampu mendeteksi bahan kimia suatu benda atau cairan hanya dengan menganalisa foto atau video itu.

Sensor hyperspectral yang akan disematkan akan membuat kamera smartphone mampu memindai gambar dengan tingkat frekuensi cahaya yang tidak dapat dilihat manusia normal. Teknologi tersebut nantinya akan dikombinasikan dengan komponen optik yang baru dipatenkan dan software pengolah gambar dan direncanakan akan diintegrasikan ke dalam smartphone.

Komponen optik yang dipasang berbasis microelectro mechanical akan berukuran sangat kecil, dan terdiri atas terdiri dari mikroprosesor serta komponen lainnya, seperti sensor. Rencananya, teknologi pendeteksi objek ini akan diproduksi secara massal, kompatibel dengan semua kamera smartphone standar.

Jadi, di masa depan Anda mungkin hanya perlu mengambil foto minuman yang dipesan untuk mengetahui ada tidaknya kandungan alkohol, atau apakah buah yang Anda telah beli dari supermarket mengandung pestisida.

Sistem dasar teknologi tersebut telah ditunjukkan pada Mobile World Congress di Barcelona bulan lalu, dan tim ini sedang mengembangkan prototipe kerja yang diperkirakan akan selesai pada Juni 2015. Proyek kamera pendeteksi objek tersebut juga didukung oleh perusahaan memori flash SanDisk. (*)

Post Top Ad