Isu Soal UN Bocor, Dinas Pendidikan Lampung Membantah - MEDIA ONLINE

Hot

Sunday, April 12, 2015

Isu Soal UN Bocor, Dinas Pendidikan Lampung Membantah

Seorang anggota polisi sedang menjaga naskah soal UN. (ilustrasi)

LAMPUNG - Mengenai informasi adanya kebocoran soal ujian nasional (UN) SMA sederajat di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, seperti diberitakan sejumlah media massa di daerah ini, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung membantah.

"Tidak ada kebocoran soal seperti diberitakan itu," ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Teguh Irianto, saat dikonfirmasi, Jumat (10/4/2015).

Dia justru memastikan bahwa soal UN untuk pelajar SMA sederajat hari ini belum didistribusikan ke kabupaten/kota di Lampung. Karena itu, dia mempertanyakan kebenaran adanya kebocoran soal UN tersebut, mengingat soal UN SMA untuk tahun ini masih berada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

"Bagaimana bisa bocor, soal UN SMA itu masih ada dengan kami, baru akan didistribusikan," ujar Teguh.

Menurut dia, setelah pihaknya mengecek kebenaran informasi adanya dugaan kebocoran soal UN SMA di Lampung Selatan itu, ditemukan adanya peredaran soal yang digunakan untuk latihan ujian nasional (LUN).

"Jadi, setelah kami cek, soal UN yang dikatakan bocor itu, ternyata soal-soal untuk latihan ujian sebelumnya, bukan soal untuk UN SMA tahun ini," jelas Teguh.

Karena itu, Teguh memastikan sampai saat ini soal UN SMA sederajat itu tetap aman dan dalam pengawasan pihaknya bersama aparat kepolisian. Dia menegaskan, pihaknya baru akan mendistribusikan soal UN SMA sederajat itu pada hari Jumat, hingga semua sampai ke kabupaten/kota di Lampung seperti direncanakan.

"Soal UN itu segera kami distribusikan, sehingga pada saatnya siap digunakan oleh siswa, disimpan pada rayon sekolah penyelenggara UN di daerah masing-masing," kata Teguh, seperti dilansir Beritasatu.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung menyatakan siap melaksanakan Ujian Nasional, bagi pelajar SMA sederajat maupun SMP sederajat tahun 2015, di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Lampung.

Teguh Irianto mewakili Kepala Dinas setempat Hery Suliyanto menegaskan pihaknya telah siap melaksanakan UN tahun ini, sekaligus juga siap menggelar uji coba pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test/CBT) yang akan dilaksanakan secara khusus oleh 14 sekolah di seluruh Lampung. (*)

Post Top Ad