Dinkes: Hampir Seluruh Wilayah di Lampung Endemis DBD - MEDIA ONLINE

Hot

Friday, April 10, 2015

Dinkes: Hampir Seluruh Wilayah di Lampung Endemis DBD

Nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD

LAMPUNG - Di musim pancaroba seperti saat ini, berbagai macam penyakit diantaranya demam berdarah dengue (DBD), mudah menyerang. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menghimbau agar masyarakat mewaspadainya. Hal itu mengingat serangan penyakit DBD saat ini sudah cukup meluas di hampir seluruh wilayah Provinsi Lampung. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengakui saat ini hampir seluruh wilayah di Provinsi Lampung memiliki daerah endemis DBD.

"Bahkan, berdasarkan temuan dari Dinkes Provinsi Lampung, penyakit tersebut saat ini tidak lagi mengenal musim, atau dengan kata lain dapat menyerang kapan saja, baik pada saat musim kemarau maupun musim penghujan," jelasnya, Kamis (9/4/2015)

Namun demikian, Reihana meminta kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir akan serangan penyakit yang seringkali menimbulkan korban jiwa tersebut. Menurutnya dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), maka kemungkinan akan terserang wabah tersebut akan semakin kecil.

"Untuk wilayah endemis DBD, hampir di seluruh wilayah Provinsi Lampung adalah endemis DBD," tegasnya, seperti dilansir RRI.

Menurut dia, saat ini jajaran dinas kesehatan provinsi maupun kabupaten/kota di Lampung, terus melakukan upaya promotif dan preventif, dengan mengajak kader-kader PKK untuk membantu mempromosikan dan melakukan penyuluhan di posyandu, mengenai PHBS kepada masyarakat.

"Namun demikian, meski jajara kami aktif melakukan sosialisasi kepada warga, tapi pola hidup masyarakat tetap yang menjadi faktor paling menentukan untuk dapat menangkal berbagai penyakit yang menyerang," jelas Reihana. (*)

Post Top Ad