Akhir Maret, 250 Jamaah Umroh Gratis Lampung Berangkat - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, January 29, 2015

Akhir Maret, 250 Jamaah Umroh Gratis Lampung Berangkat

ilustrasi

LAMPUNG - Untuk pertama kalinya di era kepemimpinan M Ridho Ficardo, jamaah umroh gratis dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan diberangkatkan. Waktu pemberangkatan diperkirakan pada akhir Maret 2015. Saat ini, Biro Mental Pemprov Lampung sedang memverifikasi berkas yang masuk.

Kepala Biro Mental Ratna Dewi mengatakan, verifikasi peserta umroh ini akan melibatkan Biro Hukum, Inspektorat, Biro Keuangan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, serta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung.

"Jatah umroh kita tahun ini sekitar 250 orang. Saat ini tim sedang verifikasi berkas para pendaftar, siapa yang memenuhi syarat untuk diberangkatkan," kata Ratna di ruang kerjanya, Kamis (29/1/2015). 

Dijelaskannya, anggaran umroh tahun ini menurun dari tahun 2014 lalu, sebanyak 850 orang. Tahun ini anggaran umroh gratis sebesar Rp6,8 milyar, dana ini diestimasikan bagi 250 orang. 

"Penurunan ini karena program APBD Lampung fokus untuk infrastrukur dan pendidikan. Kalau anggaran itu ada sisa akan kita kembalikan ke kas daerah," ujar Ratna. Dikatakannya, 250 jamaah umroh ini terbuka untuk umum. Bisa dari unsur tokoh masyarakat, pemuda, kepala desa, pengurus pengajian/masjid, pegawai negeri sipil (PNS), maupun pensiunan PNS.

Selain itu, kata Ratna, Pemprov Lampung juga memberikan penghargaan dalam bentuk pembinaan rohani kepada umat agama lain yang ada di provinsi ini. Umat beragama yang akan memperoleh penghargaan itu diantaranya umat Kristiani dan Protestan yang akan diberangkatkan ke Yerusalem, umat Budha ke Thailand, dan umat Hindu ke India, seperti dilansir Harianlampung.

"Masing-masing umat terdiri dari 5 orang, total yang berangkat berjumlah 20. Anggaran untuk pembinaan rohani ini sekitar Rp600 juta," ucapnya. (*)

Post Top Ad