Asteroid Sebesar Gunung Nyaris Tabrak Bumi - MEDIA ONLINE

Hot

Tuesday, January 27, 2015

Asteroid Sebesar Gunung Nyaris Tabrak Bumi


CALIFORNIA - Asteroid berukuran besar dengan kode nama 2004 BL86 diberitakan melewati Bumi pada Senin (26/1/2015) malam. Batu luar angkasa tersebut berukuran raksasa atau sebesar gunung yang berada di posisi terdekatnya dengan Bumi.

Dilansir Dailystar dan Okezone, Selasa (27/1/2015), batu luar angkasa seukuran gunung hampir menyerempet (near miss) dengan Bumi. Benda luar angkasa ini berada di posisi terdekatnya dengan Bumi pada 26 Januari 2015, yakni berjarak 745 ribu mil.

Astronom yang mengamati asteroid tersebut bisa melihat laju 2004 BL86 pada kecepatan 32 ribu mph. NASA, badan antariksa Amerika Serikat memperlihatkan seberapa dekat asteroid tersebut dengan Bumi dalam sebuah video.

Don Yeomans, Near Earth Object Program Office di NASA mengatakan, pada Senin atau 26 Januari terdapat asteroid yang mendekati Bumi dan akan kembali pada 200 tahun kemudian. "Meskipun tidak ada ancaman untuk Bumi di masa mendatang, itu adalah pendekatan yang relatif dekat oleh asteroid besar. Sehingga, memberikan kita kesempatan yang unik untuk mengamati dan mempelajari lebih lanjut," jelas Yeomans.

Kode nama 2004 BL86 diambil dari tahun di mana asteroid tersebut ditemukan. Ditemukan sebelas tahun lalu, asteroid besar ini diestimasi memiliki enam kali lipat ukuran sepakbola.

Meskipun asteroid ini mendekati Bumi tanpa bahaya apapun, para ahli memperingatkan ancaman dari asteroid sangat nyata. Ilmuwan percaya bahwa ada jutaan batuan luar angkasa di sistem tata surya dan peneliti baru melacak sekira 10.000 asteroid. (*)


Post Top Ad