Mapas! Satu Status Facebook Ronaldo Dihargai Rp1,79 Miliar - MEDIA ONLINE

Hot

Tuesday, December 23, 2014

Mapas! Satu Status Facebook Ronaldo Dihargai Rp1,79 Miliar

Cristiano Ronaldo

LAMPUNGONLINE - Siapa pesepak bola yang punya nilai jual tertinggi? Apakah Messi yang baru saja mencatat rekor top skorer sepanjang masa La Liga? Atau, Cristiano Ronaldo yang sepertinya sedang dalam kondisi "pasti mencetak gol bila mau"?

Perusahaan riset pemasaran olahraga, Repucom menguji 15 pasar berbeda, mulai dari Spanyol sampai Amerika Serikat, dan mendapati jika kapten Portugal, Ronaldo punya persentase popularitas lebih tinggi: 92% mengenal Ronaldo, sementara 87% mengetahui Messi.

Angka unik muncul dalam jumlah sama, namun dalam kriteria yang berbeda. Responden pria yang mengenal Messi, sama persis dengn responden wanita yang mengenal Ronaldo, 91%.
Repucom juga mengungkap jika Ronaldo lebih efektif "menjual" dibandingkan Messi, dengan 86% responden yang ditanya menyebut Ronaldo sebagai "Bintang iklan yang berpengaruh".

"Cristiano Ronaldo mendominasi dalam hal daya jual keseluruhan, kebanyakan terjadi karena konsistensi tingkat tinggi kemunculannya kepada publik," kata Mike Wragg, kepala riset global Repucom, seperti dilansir sepakbola.com, Selasa (23/12/2014).

Sementara Messi memiliki proporsi lebih tinggi soal tingkat rasa suka dari orang yang mengenalnya. Jadi meskipun publik yang mengenal Ronaldo lebih banyak, namun orang yang tahu kemudian menyatakan menjadi penggemar Messi lebih banyak, secara persentase bukan kuantitas.

Pesatnya peningkatan "merek" Ronaldo di luar lapangan dipercaya terjadi karena cara manajemen Ronaldo mengemas personanya dalam proporsi bisnis formal, jauh berbeda dengan Messi. Ini yang kemudian menempatkan Ronaldo sebagai bintang sepak bola dengan daya jual nomor satu di dunia.

"Ada strategi intensif yang jelas dan dirancang oleh Ronaldo dan perwakilan bisnisnya," kata Simon Chadwick, Profesor Startegi dan Pemasaran Bisnis Olahraga di Coventry University, Inggris kepada CNN.

"Niatnya adalah untuk menciptakan dan memposisikan merek dengan manfaat yang berbeda lebih dari para rival. Kami telah melihat perkembangan dari merek CR7, di mana Ronaldo menggunakannya sebagai basis untuk mengembangkan aktivitas komersialnya."

Saat Messi selalu dipandang sebagi pemain sepak bola dan "team player' yang hebat, Ronaldo juga mencoba melakukan pergeseran strategi yang diperlihatkannya kepada publik.

"Dari pria yang sejak lama dipersepsikan sebagai orang yang mementingkan diri dan arogan, saat ini imej Ronaldo melunak sebagai hasil dari berbagai kegiatan amal yang gencar dilakukan, seperti membiayai perawatan kesehatan dari fans yang sakit - seorang fans cilik," lanjut Chadwick.

"Ingat juga jika Ronaldo kemudian menggunting rambutnya sebagai cara untuk menunjukkan hubungannya dengan sang bocah (yang dirawat). Aksi itu membantu meruncingkan dan memoles inkarnasi baru dari Ronaldo."

Data juga menunjukkan jika pengaruh Ronaldo di dunia online juga lebih tinggi dari Messi. Penyerang Real Madrid ini memiliki 102 juta pengikut di Facebook, dengan Repucom mengkalkulasi nilai sebuah posting Ronaldo di Facebook dihargai 143.750 dolar AS (Rp1,79 miliar).

Messi, di sisi lain, memiliki 75 juta fans di Facebook memiliki rerata nilai post 62.500 dolar AS atau sekitar Rp778 juta. (*)

Post Top Ad