Hari Ini, Ratusan Buruh Bandar Lampung Turun ke Jalan - MEDIA ONLINE

Hot

Friday, May 1, 2015

Hari Ini, Ratusan Buruh Bandar Lampung Turun ke Jalan

Peringatan Hari Buruh di Tugu Adipura Bandar Lampung tahun 2014 lalu. (ist)

BANDAR LAMPUNG - Ratusan buruh di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, siap turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh yang jatuh pada hari ini, Jumat (1/5/2015).

Koordinator Umum Pusat Perjuangan Rakyat Lampung (PPRL) Yohanes Joko Purwanto, menyebutkan aksi akan dimulai pada pukul 08.00 WIB melalui rute dari Sekretariat Bersama EW-LMND Lampung-FSBKU-KSN yang berada di Jalan Jenderal Ryacudu, Kelurahan Way Dadi, Bandar Lampung.

Aksi akan berlanjut ke Jalan Sultan Agung dan bertemu di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Karang, Bandar Lampung di Kedaton sambil melakukan orasi, lalu diteruskan menuju Tugu Adipura yang merupakan titik utama aksi. 

"Perhitungan kami yang akan berkumpul ribuan orang," kata Yohanes, Rabu (30/4/2015). Dia mengungkapkan, aksi akan diikuti oleh gabungan buruh bersama petani, mahasiswa, dan masyarakat miskin yang mengatasnamakan PPRL, seperti dilansir Republika.

Yohanes menyebutkan ada 18 tuntutan PPRL dalam aksi Hari Buruh nanti, di antaranya upah layak yang berkeadilan sosial, tolak sistem kerja kontrak, dan hentikan diskriminasi pelanggaran HAM terhadap buruh, nelayan, petani, dan mahasiswa.

Berkaitan tuntutan buruh itu, Wali Kota Bandar Lampung Herman HN mengatakan pemerintah kota akan terus berupaya meningkatkan besaran upah minimum kota (UMK) demi menyejahterakan kalangan buruh di Kota Bandar Lampung.

"Saya akan prioritaskan kesejahteraan buruh melalui upaya peningkatan besaran UMK setiap tahunnya, karena tanpa ada jaminan kesejahteraan buruh, dunia industri tentu sulit untuk terus maju dan berkembang karena kinerja buruh tidak akan mungkin optimal," kata dia.

Wali kota mengharapkan kalangan buruh Kota Bandar Lampung untuk tidak perlu turun ke jalan dalam merayakan Hari Buruh. (*)

Post Top Ad