Isu Berne Convention Facebook Cuma Hoax - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, January 8, 2015

Isu Berne Convention Facebook Cuma Hoax


LAMPUNGONLINE - Belakangan ini, para pengguna Facebook dihebohkan dengan adanya berita 'pencaplokan' hak cipta berbagai konten postingan yang diupload ke jejaring sosial paling populer di dunia ini.

Facebook disebutkan mengambil atau mengaku sebagai pemegang hak cipta dari setiap postingan yang diunggah oleh penggunanya.

"Hak cipta dari setiap konten seperti data informasi, foto, video, ilustrasi, komik, dan lain sebagainya, berdasarkan pedoman Facebook yang baru, semuanya ialah milik pengguna," demikian pernyataan Facebook yang dikutip dari Ndtv dan analisadaily.com, Kamis (8/1/2015).

Sebelumnya, isu ini sempat beredar pada tahun 2012 lalu, disebutkan bahwa terdapat salah satu postingan dari halaman Facebook yang menyebutkan bahwa Berne Convention (perjanjian internasional yang melindungi karya seni sejak 1988) jejaring sosial memiliki hak cipta atas postingan yang diupload.

Namun, Facebook dengan tegas membantah isu tersebut dan mengatakan hal itu merupakan hoax (kabar burung) belaka.

"Foto dan konten lainnya yang diupload ke Facebook menjadi tanggung jawab pemilik akun, bukan milik Facebook," kata juru bicara Facebook, Andrew Noyes. (*)

Post Top Ad