Jelang Puasa, Harga Bawang Merah di Lampung Terus Naik - MEDIA ONLINE

Hot

Tuesday, June 9, 2015

Jelang Puasa, Harga Bawang Merah di Lampung Terus Naik


LAMPUNG - Menjelang bulan Ramadhan 1436 Hijriah/2015, harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung terus mengalami kenaikan. 

Sejumlah pedagang sayuran di Pasar Gudang Lelang, Bandar Lampung, Selasa (9/6/2015), menyebutkan harga bawang merah di pasar itu kini berkisar Rp36.000-38.000/kg atau naik dibandingkan sepekan lalu yang mencapai Rp33.000/kg 

"Harga bawang merah terus naik, mendekati bulan puasa ini," kata salah satu pedagang bawang setempat, Romli.

Para pedagang menyebutkan harga bawang merah asal Brebes Jawa Tengah di pasar itu pada akhir Mei 2015 masih Rp30.000/kg. Harga bawang merah itu diperkirakan akan naik lagi mendekati bulan Ramadhan.

Para pedagang juga menyebutkan banyak warga yang urung membeli bawang, karena harga komoditas bumbu masak itu terus naik atau lebih tinggi dibandingkan harga sayuran lainnya.

Akibat kenaikan harga bawang yang semakin mahal itu, konsumen yang membeli bawang tidak terlalu banyak.

"Saya beli bawang hanya seperlunya saja, karena harganya sekarang cukup tinggi," kata Dila, salah satu konsumen pasar tersebut, seperti dilansir Beritasatu.

Harga bawang di Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung juga naik. Pekan lalu harga bawang merah di pasar itu berkisar Rp32.000-Rp33.000/kg, kini harganya sudah Rp38.000/kg.

Harga bawang merah di sejumlah pasar di Kota Bandar Lampung sebenarnya sudah naik sejak bulan lalu. Saat itu harga bawang merah sudah mencapai Rp30.000/kg. Kebutuhan Lampung atas bawang merah masih perlu dipasok dari Pulau Jawa terutama daerah Brebes.

Kendati komoditas itu sudah dicoba dibudidayakan di wilayah Lampung, namun hanya mampu memenuhi sebagian kecil kebutuhan tersebut. (*)

Post Top Ad