Wali Kota Bandar Lampung Herman HN: PPK Harus Netral ! - MEDIA ONLINE

Hot

Tuesday, May 12, 2015

Wali Kota Bandar Lampung Herman HN: PPK Harus Netral !


BANDAR LAMPUNG - Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terpilih untuk pemilihan wali kota (Pilwakot) Bandar Lampung 9 Desember 2015 mendatang, wajib netral dan profesional. Peran PPK dalam proses pilwakot sangatlah penting, karena Pilwakot yang terselenggara dengan baik akan menghasilkan pemimpin yang baik juga. 

Demikian diungkap Walikota Bandar Lampung Herman HN saat memberikan sambutan pada saat pelantikan PPK di Hotel Nusantara, Senin (11/5/2015).

“Saya melihat wajah-wajah baru yang saat ini jadi PPK. Saya minta kepada PPK yang baru dilantik agar bekerja netral sesuai dengan aturan yang ada, jangan main-main dengan aturan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bandar Lampung, Fauzi Heri dalam sambutannya mengatakan bahwa seluruh rangkaian tahapan dari pendaftaran berkas calon, seleksi tertulis dan seleksi wawancara telah dilewati sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. Menurutnya semua calon PPK yang baru dilantik itu juga telah melewati uji publik dan klarifikasi terhadap tanggapan masyarakat.

“Sudah menjadi komitmen kami untuk meminimalisir adanya tudingan tidak independennya PPK dalam penyelenggaraan Pilwakot nantinya. Bahkan adanya pemberitaan dari media cetak yang menyebutkan ketidaklayakan salah satu calon PPK telah kami tindaklanjuti dengan mengadakan pleno untuk mengganti calon PPK tersebut dengan nomor urut selanjutnya,” terangnya.

Lebih lanjut ditambahkannya, setelah acara pelantikan PPK akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait tugas, pokok dan fungsinya. Pekerjaan awal PPK yakni merekrut Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan mengusulkan penunjukkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). 

“Pendaftaran PPS akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan. PPK akan menerima berkas pendaftaran PPS untuk diteruskan kepada KPU Kota Bandar Lampung. Saya minta setelah Bimtek nanti, PPK segera berkoordinasi dengan camat dan lurah di wilayah kerjanya,” ujarnya, seperti dilansir laman kpu-bandarlampungkota.go.id.

Senada dengannya, Ika kartika Ketua Pokja Rekrutmen Badan ad hoc mengatakan bahwa nama-nama calon PPS ditargetkan sudah diterima oleh KPU pada (14/5/2015). Selanjutnya tiga orang PPS terpilih akan mengikuti pelantikan pada Senin (18/5/2015).

“Lurah dan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, red) akan mengusulkan paling sedikit enam nama calon anggota PPS untuk selanjutnya dilakukan seleksi berkas dan langsung ditetapkan oleh KPU Kota Bandar Lampung,” urainya. (*)

Post Top Ad