SBMPTN Dibuka, Pendaftar Mulai Padati Universitas Lampung - MEDIA ONLINE

Hot

Tuesday, May 12, 2015

SBMPTN Dibuka, Pendaftar Mulai Padati Universitas Lampung


LAMPUNG - Calon mahasiswa pendaftar jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Lampung (Unila) mulai ramai sejak dibuka Senin (11/5/2015) kemarin. Bahkan, untuk membantu calon mahasiswa yang ingin mendaftar, para mahasiswa berinisiatif membuka puluhan stan di kompleks Unila, Bandar Lampung.

Sejak pagi ratusan calon mahasiswa memadati stan-stan yang menawarkan diri membantu calon mendaftar SBSMPTN secara online dengan membayar imbalan uang Rp 150.000. Di stan-stan ini, para calon mahasiswa dibantu konsultasi pemilihan jurusan, membuat pas foto, dan dapat minuman gratis. 

“Pendaftaran tetap online.  Calon mahasiswa mengisi formulir, membayar Rp 150.000. Kami buatkan foto dan kami daftarkan SBMPTN via online,” jelas Humas SBMPTN Unila, Komarudin.

Dia menyatakan, pengumuman penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN sudah bisa dilihat di alamat http://sbmptn.unila.ac.id. Rakor Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah menetapkan target kenaikan pendaftar sebesar 15 persen dari tahun lalu.

“Jadi, khusus untuk Unila jika tahun lalu masih berkisar 18.000 pendaftar maka tahun ini ditargetkan 20.000 orang,” tutur Komarudin.

Terkait kuota SBMPTN, Komarudin memastikan Unila akan menerima mahasiswa baru dengan kuota 30 persen dari jumlah penerimaan secara keseluruhan atau sekitar 1.200 orang. 

Tahun lalu dari 49.897 jumlah pendaftar pada panitia lokal di Unila, sebanyak 2.802 orang terpilih menjadi mahasiswa baru di satu-satunya universitas negeri di Lampung ini, seperti dilansir Sinarharapan

Terima 2.258 Mahasiswa

Sementara itu, Universitas Indonesia tahun ini menerima 2.258 mahasiswa baru lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Lebih dari 70 persen pendaftar SNMPTN tahun ini yakni sebanyak 30.267 peserta, memilih UI sebagai PTN pilihan pertama.

Pada 2015 ini, UI menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan, yaitu SNMPTN, SBMPTN dengan periode pendaftaran 11-29 Mei 2015, serta Seleksi Masuk (Simak) UI periode pendaftaran 27 April-29 Mei 2015.

Rifelly Dewi Astuti, Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI kepada SH, Senin (11/5), menjelaskan bagi mahasiswa yang dinyatakan diterima di UI melalui SNMPTN 2015, wajib mendaftarkan dirinya ke laman penerimaan.ui.ac.id. 

Tahapan registrasi meliputi konfirmasi pilihan kelas permohonan pengajuan pembayaran sampai 12 Mei, pembayaran pendidikan melalui ATM/teller Bank BNI, Permata, CIMB Niaga, Bukopin, BTN, Mandiri, dan BRI dengan menggunakan nomor pokok mahasiswa (NPM) yang diperoleh saat pengumuman hasil SNMPTN yakni 9 Mei-8 Juni.

Tahapan selanjutnya, verifikasi rapor. Calon mahasiswa baru diwajibkan hadir dan tidak dapat diwakilkan di Balairung UI Kampus Depok pada 5 Juni 2015 bagi siswa asal sekolah wilayah Jakarta, 6 Juni bagi siswa asal sekolah wilayah Jabar dan Banten, serta 8 Juni 2015 bagi siswa asal sekolah di luar wilayah Jakarta, Jabar, dan Banten.

Kelengkapan yang harus dibawa saat verifikasi rapor adalah kartu tanda peserta SNMPTN tahun 2015/2016, rapor asli dan satu salinan yang sudah dilegislasi, satu lembar fotokopi akta kelahiran, surat pernyataan bermaterai sebagai mahasiswa UI (format diunduh dari sistem penerimaan.ui.ac.id), fotokopi kartu peserta BPJS Kesehatan (bagi yang sudah memiliki) atau kartu asuransi kesehatan lainnya. (*)

Post Top Ad