Pemprov Lampung: TTI Expo Dapat Meningkatkan Daya Saing - MEDIA ONLINE

Hot

Saturday, May 9, 2015

Pemprov Lampung: TTI Expo Dapat Meningkatkan Daya Saing

Adeham memukul gong. (ist)

LAMPUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berharap pameran Trade, Tourism, and Investment (TTI) Expo Lampung 2015 dapat meningkatkan daya saing, khususnya menghadapi era perdagangan bebas ASEAN Economic Community (AEC) tahun ini.

"Kegiatan ini merupakan ajang promosi untuk menyebarluaskan informasi potensi perdagangan pariwisata, produk kerajinan, dan peluang investasi dari berbagai daerah di Indonesia secara terintegrasi," kata Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sekprov Lampung, Adeham, Jumat (8/5/2015).

Kegiatan tersebut, kata dia, merupakan upaya dalam meningkatkan daya saing dan kreativitas produk-produk unggulan Indonesia di pasar dalam dan luar negeri, khususnya pada era perdagangan bebas ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Guna mempermudah akses dalam memasarkan produk masyarakat, saat ini Provinsi Lampung telah memiliki terminal agrobisnis yang merupakan pendorong peningkatan nilai tambah dan daya saing produk pertanian, baik segar maupun olahan.

"Sebagai informasi, terminal agrobisnis ini telah dilengkapi fasilitas sarana dan prasarana yang memadai serta aktivitas seluruh pemangku kepentingan dalam jejaring kerja operasional dari aspek hulu sampai hilir," jelas Adeham.

Terminal agrobisnis dapat berdampak nyata bagi kesejahteraan petani, antara lain meningkatkan efisiensi pasar, yaitu memperpendek mata rantai dan waktu pemasaran produk dari petani Lampung atau Sumatra ke Pulau Jawa dan sebaliknya, seperti dilansir Ciputranews.

Pameran itu diikuti 24 peserta berasal dari satuan kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, perbankan, dan masyarakat umum. Perwakilan dari pemerintah kota/kabupaten luar provinsi juga turut ikut serta, yakni Kabupaten Jember, Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Sumedang.

Pameran berskala nasional ini, kata dia, didesain secara khusus untuk mempertemukan secara langsung produsen dengan distributor dan konsumen potensial serta investor. Diharapkan keunggulan dan potensi Lampung dapat dikenal masyarakat luas. Selain itu, lanjut dia, meningkatkan daya saing serta menyongsong pemberlakuan MEA akhir tahun 2015. (*)

Post Top Ad