Lagu Dituding Plagiat, Ini Tanggapan Pendiri GNR - MEDIA ONLINE

Hot

Monday, May 18, 2015

Lagu Dituding Plagiat, Ini Tanggapan Pendiri GNR


LAMPUNG ONLINE - Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa hits Guns N' Roses 'Sweet Child O' Mine' menjiplak salah satu lagu milik band rock asal Australia. Tudingan itu berawal dari postingan blog dari salah satu TV Australia. 

Setelah sempat tak mau berkomentar, akhirnya salah satu mantan personel Guns N' Roses angkat bicara. Sosok tersebut tak lain adalah Duff McKagan yang merupakan salah satu personel pertama dari GNR sebelum keluar pada 1993 lalu. 

McKagan menyebutkan GNR sama sekali tak terinspirasi siapa-siapa saat menciptakan lagu tersebut. Mereka mencoba menjadi diri sendiri hingga akhirnya tercipta lagu 'Sweet Child O' Mine'.

"Pada saat itu, GNR berusaha untuk menjadi diri sendiri dan berbeda. Tapi tak punya referensi apa-apa," ungkap McKagan seperti dikutip NME dan Detik, Minggu (17/5/2015). 

McKagan sendiri tak menampik jika ada kemiripan antara 'Sweet Child O' Mine' milik GNR dengan 'Unpublished Critics' milik grup rock asal Australia, Australian Crawl. Tapi ia menjamin hal tersebut tanpa disengaja. 

"Jadi jika ada kesamaan pun itu tidak terasa semuanya dan hanya kebetulan," ucap McKagan.

Tudingan plagiat GNR muncul saat sebuah blog di Australia mengangkat kemiripan antara 'Sweet Child O' Mine' dengan lagu 'Unpublished Critics' milik grup rock asal Australia, Australian Crawl.

Dalam blog milik Max TV itu menyebut kemiripan dari progresif chord hingga beberapa part yang disebut sangat identik. 'Unpublished Critics' sendiri masuk dalam album 'Sirocco' milik Australian Crawl yang dirilis pada 1981.

Di mana, lagu 'Unpublished Critics' enam tahun lebih dulu dari pada perilisan 'Sweet Child O' Mine' yang dirilis pada 1987. Uniknya yang juga membuat tudingan tersebut semakin kuat adalah dua lagu tersebut dirilis lewat label yang sama Geffen Records.

Tapi pihak Australian Crawl sepertinya tak mau banyak berkomentar soal kemiripan tersebut. Ia hanya tak membayangkan jika benar Axl Rose Cs membajak karyanya. (*)

Post Top Ad