Ini 5 Jurus Gadis Mabuk dan Cara Membasminya - MEDIA ONLINE

Hot

Monday, January 26, 2015

Ini 5 Jurus Gadis Mabuk dan Cara Membasminya


JAKARTA - Sampai dengan akhir Januari 2015, aksi posting di akun Facebook yang dilakukan oleh malware yang membawa tema Gadis Mabuk masih menggila, seperti dilansir Detik, Senin (26/1/2015).



Gambar 1: Posting Gadis Mabuk yang sampai minggu ketiga Januari 2015 masih memakan banyak korban.

Bagi Anda yang baru menjadi korban, perlu diketahui bahwa posting Gadis Mabuk yang marak beredar di Facebook sejak awal Desember 2014 ini dilakukan bukan melalui apps Facebook, melainkan melalui ekstensi peramban (browser) Google Chrome dan Mozilla Firefox sehingga administrator Facebook tidak bisa melakukan banyak hal untuk mengatasi masalah ini.

Satu-satunya orang yang bisa melakukan pembersihan atas aksi jahat ini dengan efektif adalah pemilik komputer yang bersangkutan, baik melalui uninstal ekstensi jahat di peramban Chrome dan Firefox atau menggunakan antivirus yang bisa mendeteksi malware ini dan mencegah instalasi serta membasmi ekstensi yang sudah terinstal.


Gambar 2: G Data Antivirus dan Total Security mendeteksi ekstensi Gadis Mabuk sebagai Script.Malware.Itpiz.A

Membuat Malu

Pembuat malware ini kelihatannya memang mengincar sebanyak mungkin korban dan kelihatannya dia tidak peduli akibat yang diperbuatnya bagi pemilik akun Facebook yang menjadi korbannya. Hal ini terlihat dari aksi masif tag semua teman Facebook yang dilakukan setiap kali posting Gadis Mabuk berhasil dilakukan. (lihat gambar 3)


Gambar 3: Malware akan melakukan tag secara masif pada kontak akun Facebok yang menjadi korbannya.

Jika pembuat malware ini merasa senang dan kemungkinan mendapatkan keuntungan finansial dari aksi jahatnya, maka korban dari aksi malware ini sebaliknya dipermalukan karena posting yang dilakukan Gadis Mabuk ini membawa tema yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Jika Anda menggunakan program antivirus yang mampu mendeteksi malware ini, sekalipun mencoba untuk menginstal ekstensi ini, prosesnya tidak akan berjalan mulus karena akan dihentikan oleh antivirus dan akan mendapatkan pesan eror seperti gambar 4 di bawah ini:


Gambar 4: Malware gadis mabuk tidak bisa terinstal dan menjadi korup pada komputer yang dilindungi G Data Antivirus.

Menurut pantauan Vaksincom, peramban yang diincar oleh Gadis Mabuk pada varian terakhir sampai dengan akhir Januari 2015 terfokus pada Firefox.

Tidak tanggung-tanggung, pembuat malware ini kelihatannya sudah mempersiapkan 5 alternatif Gadis Mabuk ekstensi/add on di Firefox dengan nama yang berbeda-beda dengan nama macro play, ultra play, twin player dan megaplay. (lihat gambar 5 - 7)


Gambar 5: Add-ons Macro Play 2.1 di Firefox yang melakukan posting Gadis Mabuk pada akun Facebook


Gambar 6: Add-ons Mega Play yang akan melakukan posting Gadis Mabuk.


Gambar 7: Add-ons Firefox Ultra Play yang melakukan posting Facebook Gadis Mabuk.

Tema yang digunakan juga bervariasi namun tidak jauh-jauh dari alkohol, mabuk dan wanita seperti:
-. Menyeluruh, itulah apa alkohol lakukan.
-. Kombinasi wanita dan alkohol.
-. Wow cewek mabuk di pantai lucu.
-. Gadis-gadis mabuk yang lucu.
-. Itulah yang dilakukan alkohol, sangat lucu.
-. Video lucu banget dijamin ngakak .
-. Cewek mabuk di pantai lucu, kocak banget.
-. Sangat lucu, lihat.

Bila akun Facebook Anda melakukan posting Gadis Mabuk, artinya browser di komputer Anda sudah terinfeksi malware ini dan add-ons atau ekstensi yang menyebabkan hal ini harus dibersihkan/uninstal.

Malware ini akan bisa melakukan posting hanya jika komputer diaktifkan dan memiliki koneksi ke internet. Namun jika merasa peramban di komputer sudah bebas dari ekstensi Gadis Mabuk atau komputer sudah terlindungi oleh program antivirus yang bisa mendeteksi malware ini, atau komputer tidak menyala tetapi kok akun Facebook anda aktif melakukan posting dan tag teman-teman Anda, kemungkinan ada komputer lain yang melakukan hal ini. Bagaimana hal ini bisa terjadi ?

Salah satu penyebab yang bisa terjadi adalah akun Facebook Anda pernah diakses dari komputer lain yang terinfeksi Gadis Mabuk seperti komputer di warnet atau komputer kantor dan komputer tersebut menyimpan kredensial akun Facebook anda dan melakukan posting Gadis Mabuk dari akun Anda.

Untuk kasus ini, jika Anda tidak memiliki akses lagi ke komputer tersebut, cara yang efektif untuk mencegah posting Gadis Mabuk adalah mengganti password akun Facebook Anda!

Membasmi Gadis Mabuk

Pada prinsipnya, jika ingin membasmi Gadis Mabuk dari komputer, Anda hanya perlu menghapus ekstensi jahat pada peramban Google Chrome dan Firefox yang menjadi biang keladi dan melakukan posting tanpa sepengetahuan Anda.

Langkah pertama adalah mengidentifikasi nama ekstensi/add-ons dan menghapusnya. Dalam tutorial ini Vaksincom memberikan langkah-langkah untuk membasmi Gadis Mabuk dari add-ons dari peramban Firefox karena menurut pantauan Vaksincom saat ini penyebaran utama Gadis Mabuk disebabkan oleh eksploitasi pada add-ons di Firefox.

Jika ingin mendapatkan langkah membasmi Gadis Mabuk pada Google Chrome bisa dilihat pada artikel Vaksincom dengan judul 10 Langkah Anti Gadis Mabuk by Vaksincom di http://www.vaksin.com/gadis-mabuk-4-0

Sedangkan langkah membasmi Gadis Mabuk teranyar adalah sebagai berikut :
1. Buka peramban Firefox.
2. Ketik “about:addons” dan tekan [Enter] untuk membuka layar Add-ons.
3. Klik [Extensions] pada kolom di sebelah kiri untuk membuka layar ekstensi dan identifikasi nama addons yang terinstal. Dalam contoh ini nama ektensinya adalah Macro Play 2.1. (lihat gambar 8)


Gambar 8: Addons / ekstensi jahat Gadis Mabuk dengan nama Macro Play.

Selain Macro Play, nama addons yang digunakan oleh Gadis Mabuk adalah Twin Player, Ultra Play dan Mega Play. Namun nama addons tersebut bisa saja berganti dan jika ragu atau tidak menemukan ekstensi tersebut, Anda bisa menggunakan antivirus yang bisa mendeteksi ekstensi ini.

 4. Klik tombol [Remove] untuk menghapus ekstensi Gadis Mabuk, dalam contoh ini addons yang ingin diremove adalah Mega Play 1.0. (lihat gambar 9)


Gambar 9: Remove ekstensi Gadis Mabuk dengan klik tombol [Remove].

5. Ekstensi akan dihapus dan muncul layar konfirmasi Mega play has been removed. Klik [Restart now] untuk restart Firefox.



*) Penulis, Alfons Tanujaya adalah seorang praktisi antivirus dan keamanan internet. Ia bisa dihubungi melalui email info@vaksin.com. (*) 

 

Post Top Ad