Facebook Lite, Aplikasi Ringan untuk Ponsel Murah - MEDIA ONLINE

Hot

Tuesday, January 27, 2015

Facebook Lite, Aplikasi Ringan untuk Ponsel Murah


JAKARTA - Dengan keterbatasan spesifikasi, ponsel di kelas pemula terkadang bikin kesal karena lemot, terutama saat menjalankan aplikasi. Oleh karena itu, Facebook berniat menghadirkan aplikasi khusus buat ponsel murah.

Raksasa media sosial itu bakal menamainya Facebook Lite. Terdengar tidak asing? Ya, dulunya Facebook Lite adalah nama platform khusus situs Facebook, bagi pengguna yang kecepatan koneksi internetnya rendah. Dulunya pengguna bisa mengaksesnya di alamat lite.facebook.com.

Tapi lain dulu lain sekarang. Karena rata-rata kecepatan internet saat ini sudah lumayan, sekarang Facebook Lite bukannya diperuntukkan untuk pengguna dengan internet lambat, melainkan untuk ponsel murah yang kinerjanya pas-pasan.

Pun begitu, memang tetap terkait dengan kecepatan internet. Jadi aplikasi Facebook Lite memang disiapkan untuk ponsel murah yang biasanya cuma berjalan di jaringan 2G.

Seperti dikutip dari Tech Crunch dan Detik, Selasa (27/1/2015), aplikasi Facebook Lite sejatinya dibuat berbasis dari Snaptu yang merupakan aplikasi klien Facebook untuk feature phone.

Dipastikan banyak fitur yang dipangkas dibanding aplikasi Facebook versi regular. Namun Facebook tetap mempertahankan fitur notifikasi pop-up dan integrasi dengan kamera ponsel.

Penasaran ingin menjajalnya? Pengguna Android bisa langsung mengunduhnya di pasar aplikasi Play Store. Namun sayangnya aplikasi Facebook Lite baru tersedia di negara-negara tertentu saja.

Kebanyakan adalah negara-negara di wilayah Afrika, sedangkan sisanya adalah beberapa negara di Asia Tenggara. Tapi Indonesia sepertinya tak termasuk karena mungkin kecepatan internetnya dianggap sudah lumayan meski belum merata.

Sejauh ini Facebook Lite sudah di-download oleh lebih dari 10 ribu pengguna Android, dan telah berhasil memperoleh rating 4,6 poin dari 693 pengguna. Bisa dibilang hasil itu cukup membuktikan bahwa Facebook Lite berhasil memuaskan penggunanya. (*)

 

Post Top Ad