Aqualert: Sudah Cukupkah Anda Minum Air Putih Hari Ini? - MEDIA ONLINE

Hot

Tuesday, January 27, 2015

Aqualert: Sudah Cukupkah Anda Minum Air Putih Hari Ini?


JAKARTA - Di era yang serba moderen dan serba sibuk seperti saat ini, aktivitas manusia pun semakin meningkat. Tak heran, di tengah aktivitasnya yang segudang, manusia kerap kali mengabaikan yang namanya minum. Padahal minum merupakan salah satu kebutuhan paling vital bagi kehidupan manusia.

Tahukah Anda? Air menempati 70% komposisi tubuh manusia dan menjadi zat terpenting ke dua setelah oksigen. Itulah sebabnya manusia tak akan mati bila tidak ada asupan makanan selama beberapa hari, sebaliknya ia hanya akan bisa bertahan selamatiga hari bila tidak mengonsumsi air.

Minum air putih nyatanya bisa mendatangkan berbagai manfaat, seperti mencegah dehidrasi, mendorong metabolisme, serta menjaga agar tetap berkonsentrasi. Bagi Anda yang sedang berdiet dan merawat diri, rutin mengonsumsi air putih dapat membuat merasa kenyang lebih lama dan juga bisa membuat kulit lebih halus, seperti dilansir Detik, Selasa (27/1/2015).

Sayangnya, masih banyak dari orang-orang yang mengabaikan pentingnya mengonsumsi air putih. Padahal, kekurangan cairan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti dehidrasi, masalah pencernaan, radang sendi, tekanan darah tinggi, kulit yang tidak sehat, hingga gangguan ginjal. Nah, bahaya bukan?

Maka dari itu, sangat disarankan mengonsumsi air putih sedikitnya 8 gelas atau 2 liter per hari. Nah, bagi Anda yang kurang mengonsumsi air putih, berikut Kami punya rekomendasi aplikasi yang mungkin bisa membantu.



Sesuai dengan namanya, aplikasi bernama Aqualert ini bekerja dengan cara mengingatkan pengguna untuk mengonsumsi air putih setiap hari. Aqualert dapat diunduh secara gratis melalui toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.

Ketika pertama kali membuka aplikasi ini, Anda diharuskan mengisi sejumlah data, seperti berat badan dan aktivitas (sedentary, regular, active). Setelah mengisi kedua data tadi Aqualert secara otomatis akan mengkalkulasi berapa jumlah air yang harus Anda konsumsi per harinya. Misalnya berat badan Anda 75 kg dengan aktivitas regular, maka Aqualert akan menyarankan untuk mengonsumsi 3.088 ml air putih tiap harinya.



Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman utama yang menampilkan opsi pengaturan dan daily goal dengan lingkaran besar di tengah. Tugas Anda adalah mengisi lingkaran besar tersebut dengan air agar goal Anda terpenuhi. Caranya adalah setiap kali Anda minum air putih, Anda cukup mentap tombol drink yang terletak di bagian bawah kanan lingkaran besar.

Menariknya, Aqualert menyediakan opsi ukuran cup size atau wadah yang biasa dipakai oleh pengguna untuk minum, mulai dari cangkir, cup kopi, gelas, botol, hingga teko air. Masing-masing dari wadah itu punya kapasitas volume air, dari 250 ml hingga 1 liter. Setiap Anda berganti cup size, maka akan berpengaruh kepada jumlah takaran air pada lingkaran besar di menu utama tadi.

Sedikit geser ke kiri, Anda akan menemukan bar water consumption, dimana bar tersebut menampilkan chart mingguan dari pola kebiasaan minum air putih Anda. Akan ada keterangan hari, jumlah air yang dikonsumsi dan keterangan hidrasi yang meliputi, low, average, dan very good.



Geser ke kiri lagi maka Anda akan menemukan opsi pengaturan aplikasi, seperti bahasa, suara notifikasi, dan pengaturan jadwal. Pengaturan jadwal di sini memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal kapan Anda memulai dan mengakhiri aktivitas.

Selain itu, akan ada pengaturan interval waktu yang dapat diatur setiap berapa jam sekali aplikasi ini akan mengingatkan penggunanya untuk minum, mulai dari satu jam sekali hingga empat jam.

Opini

Dari hasil pengamatan kami, aplikasi Aqualert sebenarnya sangat membantu pengguna yang punya kebiasaan jarang mengonsumsi air putih setiap harinya.

Tampilannya yang catchy dan pengoperasiannya yang mudah jadi nilai tambah bagi aplikasi yang pertama kali dirilis pada bulan Oktober 2014 ini. Anda cukup swipe ke kiri atau ke kanan untuk mendapatkan opsi lain.

Jadi kembali ke pertanyaan awal, sudah cukupkah Anda minum air putih hari ini? (*)

Post Top Ad