Tentara Israel Bubarkan Pawai Natal di Betlehem - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, December 25, 2014

Tentara Israel Bubarkan Pawai Natal di Betlehem


BETLEHEM - Ribuan umat Kristen dari berbagai penjuru dunia berkumpul di kota Bethlehem, Tepi Barat, untuk merayakan Malam Natal di tempat yang diyakini sebagai tempat kelahiran Yesus, Rabu (24/12/2014) waktu setempat.

Ribuan peziarah berkumpul di Lapangan Manger untuk menyaksikan pawai yang dipimpin Patriarch Latin Jerusalem, Fouad Twal. Pastor paling senior Katolik Roma di Tanah Suci mengharapkan tahun 2015 akan menjadi "lebih baik dibandingkan kesulitan tahun ini".

Sementara itu di Betlehem bagian Utara, tentara pendudukan Israel melakukan pembubaran paksa puluhan orang yang sedang menyelenggarakan pawai perayaan natal.

Harian Palestina Ma’an News Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) dan harianterbit.com melaporkan, para demonstran  melakukan  gerak jalan menuju ke pos pemeriksaan militer Israel di utara Betlehem untuk merayakan Natal dan membagikan hadiah kepada anak-anak di daerah itu,

Para tentara berusaha mencegah demonstran yang beberapa di antaranya memakai pakaian Santa, mereka menembakkan gas air mata pada kerumunan dan memukul beberapa demonstran.

Beberapa orang langsung dirawat  karena sesak nafas akibat menghirup gas air mata.

Sementara, Mazen Al-Azza, seorang aktivis Inisiatif Nasional Palestina, mengatakan pawai tersebut bertujuan menyampaikan pesan Natal yang damai, tapi “tentara Israel tidak melewatkan kesempatan untuk menindak keras dengan menyerang wartawan dan demonstran damai.”

Betlehem dikatakan merupakan tempat kelahiran Yesus Kristus (Isa ‘Alaihi Salam) dan  sekarang dikelilingi permukiman ilegal Israel di semua sisi.

Saat ini, Bethlehem juga merupakan kota kembar dengan Kota Al-Quds yang tidak terpisahkan sejak dulu, namun kini jalan kedua area itu terpisah oleh dinding Israel yang membentang di sepanjang sisi utara kota. (*)

Post Top Ad