Libur Panjang, Jalinsum Bandar Lampung-Bakauheni Padat - MEDIA ONLINE

Hot

Friday, December 26, 2014

Libur Panjang, Jalinsum Bandar Lampung-Bakauheni Padat


LAMPUNG - Arus lalu lintas di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) antara Kota Bandar Lampung ke arah Selatan menuju pelabuhan penyeberangan Bakauheni di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung dan sebaliknya terpantau padat namun lancar pada perayaan Natal 2014.

Hasil pemantauan langsung di jalur lintas Sumatera sejauh lebih kurang 100 kilometer, Kamis (25/12/2014) menunjukkan kepadatan kendaraan terlihat dari kedua arah. Namun untuk dari arah utara ke selatan banyak truk muatan berat jenis Fuso, di samping bus dan kendaraan pribadi dan sepeda motor.

Sedangkan dari arah sebaliknya, selatan ke arah utara lebih banyak kendaraan pribadi, didominasi kendaraan berplat nomor polisi Jakarta (B), lalu beberapa di antaranya plat nomor kendaraan Bandung (D), Serang (A), Bogor (F), serta Lampung (BE).

Akibat padatnya kendaraan dari dua arah itu, pada beberapa ruas jalan yang menanjak dan menikung nampak terjadi antrean, karena sulit untuk saling mendahului akibat sempitnya badan jalan. Pada tanjakan mendekati Pelabuhan Bakauheni, misalnya, kendaraan yang melintas harus berhati-hati, karena di depan dan dari arah berlawanan banyak truk muatan berat yang jalan merayap.

Sementara itu, beberapa kali juga ditemukan rombongan pengendara sepeda motor, baik yang sendiri-sendiri maupun rombongan, ada yang boncengan dan membawa barang.

Menurut salah seorang pengemudi yang sedang istirahat di sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Yanto (40), mereka dari Jakarta dan Bekasi akan menjuju beberapa objek wisata di Provinsi Lampung.

"Karena sedag ada libur panjang, liburan anak sekolah dan Natal, kami bersama kawan-kawan ingin liburan di Lampung naik sepeda motor," kata Yanto.

Sementara warga Kampungbaru, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Rony (49), menjelsakan, banyak wisatawan asal luar daerah yang mengunjungi objek wisata di Pesawadan dan Kabupaten Tanggamus pada libur panjang akhir tahun ini, seperti dilansir beritasatu.com.

Objek-objek wisata itu seperti Pantai Mutun, Pantai Bensor, Pantai Klapa Rapet (Klara), Pantai Pancur Permai, dan Teluk Kiluan, tempat pentas ikan lumba-lumba alami.

Beberapa petugas keamanan di Jalinsum dan di Pelabuhan Bakauheni mengatakan, situasi keamanan di wilayah kerjanya sepanjang Rabu malam dan Kamis pagi hingga siang aman dan terkendali.

Sejumlah aparat keamanan juga nampak berjaga-jaga di sekitar gereja-gereja yang ada di tepi-tepi jalan, termasuk untuk mengatur lalu lintas serta pengamanan Ummat Kristiani yang sedang melakukan rangkaian ibadah Natal tahun 2014 ini.

Sementara itu, cuaca di Kota Bandar Lampung, Jalinsum, dan Pelabuhan Bakauheni sepanjang Kamis pagi hingga siang nampak cerah dan sesekali mendung. Sejumlah SPBU dan rumah makan di kanan dan kiri jalan dan di areal pelabuhan juga nampak ramai pengunjung. (*)

Post Top Ad