Rumah Sehat, Rumah Berjendela - MEDIA ONLINE

Hot

Wednesday, November 14, 2012

Rumah Sehat, Rumah Berjendela


BANDARLAMPUNG - Bisakah Anda bayangkan rumah tanpa jendela? Terasa panas dan gelap tentunya karena udara segar, cahaya, dan panas matahari tidak dapat masuk ke dalam rumah. Jendela berupa bukaan atau lubang dapat dibuka tutup. Terletak pada dinding dan merupakan tempat sirkulasi udara alami, agar penghuni rumah menjadi sehat. Sehingga dapat beraktivitas dengan maksimal.

 Jendela begitu penting pada bangunan, agar udara segar, panas matahari, dan cahaya alami dapat masuk ke dalam rumah. Semakin besar bukaan pada dinding, maka semakin banyak pula udara segar dan cahaya matahari dapat masuk.

Membuka dinding dengan membuat lubang, perlu pendekatan pada kebutuhan. Bukan berarti membuka sebesar-besarnya merupakan hal yang bijaksana. Udara segar dan cahaya matahari diperkenankan masuk sebanyak-banyaknya, tapi tidak dengan panas matahari.

Panas matahari yang masuk ke dalam rumah dan melebihi dari standar kenyamanan manusia, membuat manusia menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas. Meskipun demikian panas matahari tetap diperlukan bagi tubuh.

Marketing perumahan d’Soultan Residence Alya Ghani mengatakan, jendela yang baik adalah sesuai penempatanya. Ukuran jendela yang baik adalah 60 cm. Atasnya juga ditambahkan lubang angin.

Penggunaan jendela pun dapat vertikal atau horisontal. Sekarang bukan hal aneh lagi bila jendela memiliki tinggi 60 cm, tetapi memanjang sepanjang dinding. Sebenarnya ini bukan sekedar gaya dari arsiteknya tapi lebih pada kebutuhan. Ruangan tersebut membutuhkan luas jendela cukup besar tetapi aktivitas di dalamnya yang tidak memungkinkan terlihat dari luar bangunan jika menggunakan jendela secara vertikal.

Bentuk jendela tidak lepas dari estetika tampak bangunan. Bangunan yang terlihat panjang akan lebih baik, bila diseimbangkan dengan bentuk-bentuk jendela vertikal. Begitu pula sebaliknya bangunan yang terlihat menjulang maka dapat menggunakan bidang kaca horizontal. (lia)

Post Top Ad