Harga Hewan Kurban Naik 50 Persen - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, October 18, 2012

Harga Hewan Kurban Naik 50 Persen

NAIK 50 PERSEN: Jelang Hari Raya Idul Adha, harga beberapa hewan kurban seperti kambing dan sapi banyak diburu para pembeli. Sukadi (65) seorang pedagang kambing di 23 Metro Utara mengaku mampu meraup keuntungan hingga 50 persen. FOTO UNO

METRO - Mendekati hari raya Idul Adha 1433 H, harga hewan kurban di Kota Metro mengalami kenaikan hingga 50 persen. Hal ini disebabkankan para belantik (pelaku jual beli) kambing banyak yang membeli dari luar daerah. Keuntungan yang menggiurkan ini lah yang menarik minat para belantik mengais rejeki di sana.

Seperti yang dilakukan Sukadi (65) seorang pedagang kambing di 23 Metro Utara. Menurut dia, pihaknya membeli kambing dari para peternak dengan harga yang cukup tinggi. Namun karena banyaknya permintaan mendekati hari raya Idul Adha, dia optimis kambing yang diperdagangkannya akan tetap laku walaupun ada kenaikan hingga 50 persen.

“Di sini banyak kambing koplo (telinga panjang) dan kambing kacang. Kami banyak mengambil kambing ini dari daerah Lampung Tengah hingga Pringsewu dan Tanggamus. Harganya pun bervariasi, tergantung dari bobot kambing yang akan dijual,” jelasnya, ketika ditemui, kemarin (17/10).

Sukadi mengaku menyediakan kambing terbesar dengan bobot seberat 75 kg, yang dibanderol dengan harga Rp3 juta per ekor. Sedangkan yang paling ringan dengan bobot seberat sekitar 40 kg dan dihargai sekitar antara Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per ekor. “Pada hari biasa, kambing yang terjual sekira 20 - 30 ekor per bulan. Tetapi menjelang hari raya Idul Adha, dari pengalaman tahun sebelumnya, saya bisa menjual hingga 50 - 70 ekor,” jelasnya.

Selain menjual hewan untuk masyarakat Kota Metro, dirinya juga mengirim kambing-kambing tersebut ke Provinsi Jambi, untuk mengambil harga yang lebih mahal dari penjualan kambingnya. “Kalau di Jambi, harga pasaran kambing seberat 74 kg bisa mencapai Rp5 juta hingga Rp7 juta per ekor,” ungkapnya.

Senada diungkapkan Purwanto, peternak sapi di Kota Metro. Menurutnya, sapi yang dijual menjelang hari raya banyak dipatok dengan harga mulai Rp8 juta hingga Rp23 juta per ekor. “Harga sapi untuk ukuran kecil berkisar Rp8 juta hingga Rp9 juta per ekor. Untuk sapi ukuran sedang berkisar Rp12 juta hingga Rp18 juta. Sedangkan untuk ukuran besar berkisar antara Rp19 juta hingga Rp23 juta,” terangnya.

Diketahui, Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Metro rencananya bulan ini akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Ini guna mengantisipasi berbagai penyakit, seperti halnya cacing dan penyakit radang paru- paru.   

“Pada pertengahan Oktober ini, kita akan memanggil pengurus masjid serta petugas teknis pemeriksa kesehatan hewan,” tutur Kepala Bidang Perternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Metro, Neneng Roshayati, Senin (1/10) lalu. (uno/fik)

Post Top Ad