2012, Lampung Belum Dapat Formasi CPNS - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, June 14, 2012

2012, Lampung Belum Dapat Formasi CPNS


BANDARLAMPUNG – Untuk tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengisyaratkan belum ada penerimaan calon pegawai negeri sipil (PNS). Namun bertolak belakang dengan keputusan pemerintah kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS),  yang berasal dari pelamar umum, yang diperuntukkan bagi fomasi tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan dan tenaga mendesak lainnya, seperti sipir penjaga tahanan.
“Untuk usulan CPNS Lampung yang berjumlah 904, hal ini baru sekedar usulan. Tetapi menurut kabar terakhir, penerimaan CPNS ini tidak dibuka untuk semua provinsi di Indonesia, termasuk Lampung. Ketika saya mengikuti rapat di pusat, Lampung belum mendapat formasi untuk CPNS 2012,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Ir. Berlian Tihang, M.M., di Batu Putu Bandarlampung, Rabu (13/6).
Nantinya, lanjut dia, jika permohonan formasi bagi 904 yang akan diterima direalisasikan pemerintah pusat, hal ini sangat bagus demi pengkaderan PNS di Pemprov Lampung. “Menurut pendapat pribadi saya, moratorium CPNS ini kurang bagus, karena bisa stagnan, dimana dapat dilihat dalam mengisi jabatan harus sesuai golongan. Manakala jika sampai dua hingga tiga tahun tidak melakukan penerimaan tentu akan terputus kaderisasinya,” kata mantan Kadis Bina Marga Lampung ini.
Untuk dinas yang teknis, semacam Dinas Bina Marga dan Dinas Pengairan, sambung Berlian, harus dipegang oleh orang yang berkompeten. “Alasan untuk Lampung tidak dilakukan penerimaan , mungkin saja Kementerian melihat PNS di lingkup Pemprov Lampung dirasa masih cukup atau, mungkin dilihat dari APBD-nya,” ujar Berlian.
Yang diperbolehkan melakukan penerimaan CPNS adalah anggaran 2011 untuk belanja publik lebih besar dari belanja pegawai. Manakala belanja pegawainya lebih besar dari belanja publik, maka tidak dibenarkan. “Mungkin hal-hal ini yang menjadi alasan kenapa Lampung belum diperbolehkan menerima CPNS tahun ini,” kata Ketua ICMI Lampung ini. (dra/rnn/fik)

Post Top Ad