Ujian Nasional, PLN Imbau Sekolah Siapkan Genset - MEDIA ONLINE

Hot

Sunday, April 3, 2016

Ujian Nasional, PLN Imbau Sekolah Siapkan Genset

(ilustrasi/ist)

MEDIA ONLINE - Manager Media Relation PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Agung Murdifi menghimbau agar sekolah tempat penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mengantisipasi padamnya listrik saat ujian. Pasalnya, ada pemadaman listrik yang terjadi secara tidak terencana.

Agung mengatakan ada dua jenis pemadaman listrik yaitu pemadaman terencana dan tidak terencana. Pemadaman terencana terjadi saat PLN hendak melakukan pemeliharaan rutin jaringan, trafo, pembangkit, dan lainnya. 

Sementara pemadaman tidak terencana dapat terjadi akibat pohon tumbang yang merusak jaringan, tiang listrik yang tertabrak mobil, atau kerusakan trafo atau jaringan karena binatang.

“Untuk menghindari pemadaman tidak terencana, sebaiknya sekolah ikut antisipasi seperti menyiapkan UPS atau genset,” kata Agung saat dihubungi, Minggu (3/4/2016). 

PLN memastikan tidak akan melakukan tindakan pemeliharaan saat ujian berlangsung.

Agung memastikan PLN telah berupaya maksimal agar pelaksanaan UNBK berjalan dengan baik. Sebelum pelaksanaan ujian, PLN melakukan pengecekan kesiapan di sekolah tempat ujian berlangsung. PLN memastikan ketersediaan pasokan listrik dan pengecekan instalasi di lokasi ujian.

Khusus di wilayah Jakarta, Agung mengatakan PLN mempersiapkan pelaksanaan ujian dengan meningkatkan kehandalan jaringan distribusi listrik, seperti dilansir Tempo

“Kami melakukan inspeksi pemeliharaan jaringan dan gardu listrik,” kata Agung.

Agung mengatakan PLN Jakarta memastikan menunda pemeliharaan pekerjaan yang bersifat terencana hinggan UNBK selesai. Persiapan lainnya adalah dengan menempatkan petugas piket siaga untuk mempercepat proses penormalan apabila terjadi gangguan.

Persiapan serupa juga dilakukan di PLN lain di daerah seperti PLN Jawa Barat, PLN Nusa Tenggara Timur, dan PLN Kalimantan Selatan. Di Jawa Barat, PLN mendatangi beberapa sekolah untuk mengetes dan mengecek instalasi agar pasokan listrik memadai saat ujian berlangsung. (*)

Post Top Ad