Raja Se-Nusantara Sambut Kapolda Lampung Edward Syah Pernong - MEDIA ONLINE

Hot

Sunday, June 14, 2015

Raja Se-Nusantara Sambut Kapolda Lampung Edward Syah Pernong


LAMPUNG – Upacara adat penyambutan Kapolda Lampung Brigjen Polisi Edward Syah Pernong yang digelar di Gedung Kuning, Minggu (14/06/15) berlangsung hikmat. Ratusan warga masyarakat menyambut kedatangan Edwar Syah  Pernong, yang juga merupakan Raja Lampung ke 59 dengan gelar Sultan Sekala Berak Yang Dipertuan Ke 23.

Acara adat tersebut dihadiri raja-raja dari berbagai kerajaan se-tanah air seperti Raja Kabupaten Gowa, Raja Pangkep, Raja Bone, Raja Sandro Bone, Raja Pare-pare, Raja Pulau Bangkeng, Raja Sopeng, Raja Maros, Raja Bersalo, dan Raja Balaisong.

Dari unsur Pemerintah Daerah nampak Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, Wali Kota Bandar Lampung Herman HN, Bupati Pesawaran Aries Sandi DP dan lainnya.

Wakil Gubernur Bachtiar Basri dalam sambutannya mengatakan, Kapolda Lampung yang baru diharapkan mampu mewujudkan kesinambungan kepemimpinan sekaligus mendinamisasikan Polri, sehingga senantiasa responsif, antisipatif dan adaptif terhadap setiap perkembangan di Provinsi Lampung.

"Kiranya Brigjen Polisi Edwarsyah Pernong yang juga Raja Lampung dapat membangun koordinasi dan sinkronisasi. Sehingga tercipta sinergitas dan kerjasama yang harmonis dengan lingkungan. Apalagi beliau mampu memahami kondisi, adat istiadat masyarakat Lampung dengan baik," ujar Bachtiar.

Brigjen Polisi Ike Edwin M. Bunyamin gelar Gusti Batin Raja Mangkunegara mewakili keluarga Edward Syah Pernong melaporkan, acara tersebut guna menyambut kakandanya Putra Lampung yang menjadi Kapolda Lampung.

"Dari 11 Kapolda, baru ini Putra Lampung yang menjadi Kapolda Lampung yaitu Edward Syah Pernong. Sebagai Raja Masyarakat Lampung diharapkan untuk mengangkat budaya lokal. Lima prinsip Budaya  Lampung harus menjadi prioritas untuk mengangkat kearifan lokal  Citra Lampung dalam pelaksanaan tugas. Masih maraknya begal menjadi tugas yang harus dituntaskan oleh Kapolda baru," harap Ike Edwin.

Wali Kota Bandar Lampung Herman HN dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya kapolda yang baru kondisi keamanan di Lampung dapat lebih ditingkatkan.

"Begal dapat diberantas jika seluruh anggota Fokorpimda dan masyarakat adat Lampung serta tokoh-tokoh adat kompak mendukung Kapolda, sehingga Lampung akan lebih aman lagi," ungkapnya, seperti dilansir laman RRI.

Sementara, Andi Madusila Paduka Raja Gowa mewakili  Kerajaan Nusantara mengatakan, Raja Lampung memberikan semangat  Raja di Sulawesi Selatan bahwa Sulawesi dan Lampung adalah bersaudara.

"Semoga dengan dilantiknya Edward Syah Pernong akan semakin meningkatkan rasa kekeluargaan antara Sulawesi dan Lampung," harapnya.

Kapolda Lampung Brigjen Edward Syah Pernong dalam sambutannya.mengatakan jika dirinya akan melanjutkan program Kamtibmas yang sudah dilakukan pendahulu yakni Brigjen Heru Winarko, dengan Rembuk Pekonnya. (*)

Post Top Ad