PGN Benarkan Dahlan Minta Dana Proyek Mobil Listrik - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, June 11, 2015

PGN Benarkan Dahlan Minta Dana Proyek Mobil Listrik

Herry Yusuf

LAMPUNG ONLINE - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) membenarkan telah menggelontorkan dana untuk proyek pengadaan 16 mobil listrik tahun anggaran 2013. PGN bersama Bank Rakyat Indonesia dan Pertamina memberikan dana ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara sebesar Rp 32 miliar untuk pengadaan mobil berjenis micro bus dan electronic executive.

"Kalau sampai beberapa BUMN mengeluarkan dana, itu pasti ada permintaan," kata Sekretaris Perusahaan PGN Herry Yusuf, seperti dilansir Tempo, Kamis (11/6/2015).

Herry menambahkan tak mengetahui detil soal proses permintaan dan pengeluaran dana untuk mobil yang rencananya diperuntukkan acara APEC 2013 tersebut. Ia hanya membenarkan sejumlah pejabat PGN telah menerima dan memenuhi panggilan pemeriksaan oleh Kejaksaan Agung.

"Kami kooperatif, semua sudah dijelaskan rekan-rekan kami," kata dia.

Herry menolak menceritakan secara gamblang soal peran Dahlan dalam meminta dana ke PGN. Ia juga berdalih tak tahu soal nasib proyek yang akhirnya gagal dan diubah jadi CSR ke enam universitas tersebut.

Kejaksaan Agung mulai menyelidiki kasus mobil listrik pada Maret lalu. Sebanyak 17 saksi telah diperiksa yaitu dari BRI, PGN, Pertamina, rekanan, dsb. Dirut BRI 2013-2014 Sofyan Basir, Direktur Keuangan BRI 2013-2014 Ahmad Baiquni, dan Kepala Hubungan Kelembagaan PT PGN Santiaji Gunawan.

Kejaksaan menduga adanya penyalahgunaan wewenang, penunjukan langsung, dan pengadaan barang tak sesuai spek. belakangan. Proyek ini juga dituduh tanpa melalui proses tender dan gagal total. (*)

Post Top Ad