Edward Syah Jadi Kapolda Lampung, Ini Apresiasi Sejumlah Tokoh - MEDIA ONLINE

Hot

Sunday, June 7, 2015

Edward Syah Jadi Kapolda Lampung, Ini Apresiasi Sejumlah Tokoh

Edward Syah Pernong

LAMPUNG ONLINE - Pengangkatan putra daerah Brigjen Pol Edward Syah Pernong sebagai Kapolda Lampung, mendapat tanggapan positif dan apresiasi dari sejumlah tokoh. 

Praktisi hukum Ari Yusuf Amir menilai sosok Edward, yang sebelumnya menjabat sebagai Karorenmin Bareskrim Mabes Polri, sebagai petinggi Polri yang berwibawa dan kerap kali berperan aktif dalam mendamaikan daerah yang dilanda konflik antarwarga.

"Selama ini, walaupun bukan sebagai Kapolda, dia berperan aktif mendamaikan konflik di daerah tersebut. Karena kewibawaannya sebagai Raja di Lampung, banyak membawa hasil yang positif, bahkan Menhan Jenderal Ryamizard, orang asli Lampung, mendukung kepemimpinan Edward di Lampung," ujar Ari Yusuf Amir dalam pernyataannya, Sabtu (6/6/2016).

Hamid Basyaib, penulis produktif yang pernah menjadi staf ahli Ketua MPR RI, juga memuji catatan prestasi Edward Syah Pernong di berbagai pos di banyak daerah. Ia yakin, pengalaman panjang dan prestasinya yang sangat mengesankan itu dapat dioptimalkan di kampung halamannya sendiri.

"Apalagi Brigjen Edward adalah raja adat Lampung yang sangat dihormati. Dengan legitimasi ganda itu ia dapat secara efektif merawat suasana kondusif di wilayah yang luas dan berubah cepat itu," ujarnya.

Hamid, yang termasuk dalam daftar 100 tokoh Lampung, menyebut tanah kelahirannya itu sejak dulu merupakan melting pot budaya yang hidup, tempat berbaurnya praktis semua sukubangsa yang ada di Indonesia. Pluralitas alami ini penting dirawat stabilitasnya agar menjadi modal sosial yang besar demi kemajuan Lampung, bukan sumber keretakan sosial yang tidak produktif.

"Saya percaya Kapolda Edward mampu bersinergi optimal dengan Gubernur Ridho beserta seluruh jajarannya untuk memastikan bahwa Lampung adalah tempat yang aman dan terjamin untuk investasi, dan menguntungkan berkat posisi strategisnya sebagai gerbang penghubung pulau Sumatra dan Jawa," tambah Hamid.

Menurut Hamid, yang paling didambakan masyarakat Lampung adalah rasa aman dan harmoni sosial sebagai prasyarat utama, seperti dilansir Sayangi

"Jika prasyarat ini terpenuhi, tentu untuk urusan-urusan lainnya jadi lebih mudah. Masyarakat Lampung juga dikenal tangguh, tidak manja dan meminta segala hal dari pemerintah," katanya lagi.

Apresiasi senada disampaikan Ketua Umum DPP Perhimpunan Gerakan Keadilan (PGK) Bursah Zarnubi. Menurutnya, kepemimpinan Polri ke depan membutuhkan figur seperti Edward yang dikenal pintar, mudah bergaul, luwes dan tidak sungkan berdialog dengan rakyat biasa.

"Kepemimpiman Polri seperti ini akan memudahkan solusi bagi membangun ketahanan sipil dan ketertiban masyarkat. Kedekatan Polri dan masyarakat akan mengurangi resistensi masyarakat yang selama ini negatif terhadap polisi," kata Bursah.

Bursah yang mengenal sosok Edward sebagai pribadi terbuka sangat optimis kepemimpinan Edward di Lampung akan membawa suasana kondusif bagi stabilitas daerah tersebut. "Edward akan menjadi Kapolda Lampung seperti yang kita dan masyarakat harapkan," tegas Bursah. (*)

Post Top Ad