Lagu GNR 'Sweet Child O' Mine' Dituding Plagiat - MEDIA ONLINE

Hot

Wednesday, May 13, 2015

Lagu GNR 'Sweet Child O' Mine' Dituding Plagiat


LAMPUNG ONLINE - Siapa yang tak kenal dengan hits 'Sweet Child O' Mine' milik Guns N' Roses? Para penikmat musik dunia seperti sudah akrab dengan hits yang dirilis pada 1987 yang masuk dalam album 'Appetite for Destruction'. 

Namun, ada sebuah kabar tak sedap menghampiri kesuksesan dari 'Sweet Child O' Mine'. Lagu yang ditulis oleh Axl Rose, Slash dan Izzy Stradlin itu dituding plagiat, seperti dilansir Detik, Selasa (12/5/2015).

Tudingan tersebut muncul saat sebuah blog di Australia mengangkat kemiripan antara 'Sweet Child O' Mine' dengan lagu 'Unpublished Critics' milik grup rock asal Australia, Australian Crawl.

Dalam blog milik Max TV itu menyebut kemiripan dari progresif chord hingga beberapa part yang disebut sangat identik. 'Unpublished Critics' sendiri masuk dalam album 'Sirocco' milik Australian Crawl yang dirilis pada 1981.

Di mana, lagu 'Unpublished Critics' enam tahun lebih dulu dari pada perilisan 'Sweet Child O' Mine' yang dirilis pada 1987. Uniknya yang juga membuat tudingan tersebut semakin kuat adalah dua lagu tersebut dirilis lewat label yang sama Geffen Records.

Tapi pihak Australian Crawl sepertinya tak mau banyak berkomentar soal kemiripan tersebut. Ia hanya tak membayangkan jika benar Axl Rose Cs membajak karyanya. Kalau menurut Anda?

Berikut kedua lagu tersebut:

Unpublished Critics' milik Australian Crawl:
'Sweet Child O' Mine' milik Guns N' Roses:

Post Top Ad