Fenomena Koran Facebook Gantikan Media Cetak - MEDIA ONLINE

Hot

Wednesday, May 20, 2015

Fenomena Koran Facebook Gantikan Media Cetak

 Instant Article dari Facebook

LAMPUNG ONLINE – Sudah bukan hal baru lagi, kini orang kerap mendapat berita terbaru dari halaman Facebook mereka. Hal ini juga diungkap dalam sebuah survei di Amerika yang dilakukan oleh Pew Research Center. Yang menemukan, sebagian besar warga Amerika mendapat info terbaru berita harian dari halaman Facebook.

Fasilitas berbagi berita di linimasa Facebook menjadi media penyebar informasi paling efektif untuk saat ini. Sumbernya pun tak bisa dipandang sebelah mata, karena hal ini bisa berasal dari web resmi, kantor berita sampai koran, seperti dilansir Centroone, Rabu (20/5/2015).

Perubahan gaya hidup masyarakat di Amerika sudah berubah dalam 10 tahun terakhir. Gaya hidup ini bahkan membuat media cetak terbesar di Amerika kalah bersaing dan harus tutup. Seperti Rocky Mountain News di Denver, negara bagian Colorado.

Meski banyak yang menyatakan tutup, tapi media yang lain justru menyiasati hal ini dengan cara lain. Seperti media  the New York Times yang dalam hal ini memberi kebijakan tertentu dalam kebiasaan membaca berita secara online.

Caranya dengan membatasi pengunjung membaca berita tak kurang dari 10. Jika berlebih pengunjung akan diarahkan pada formulir berlangganan koran ini versi online.

Tak hanya itu, media the New York Times juga sempat menjalin kerjasama dengan Facebook untu 'Instant Articles' alias artikel instan. Aplikasi artikel instan ini akan ada versi iPhone dengan dukungan fasilitas video dan interaktif, seperti peta.

Menurut pelaku jurnalis Amerika dari Columbia University, Emily Bell, penerbitan data adalah hal paling berharga saat ini. dimana pembaca bisa mendapat informasi dan penerbit mendapatkan penghasilan dari kegiatan ini. Terlebih jika hal ini didukung oleh Facebook. (*)

Post Top Ad