Bank Dunia Kasih Utang ke Indonesia US$ 1 Miliar - MEDIA ONLINE

Hot

Wednesday, May 20, 2015

Bank Dunia Kasih Utang ke Indonesia US$ 1 Miliar

Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan President World Bank Jim Yong Kim (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta (20/5/2015). (ist)

LAMPUNG ONLINE - Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo A. Chaves mengatakan pihaknya telah meminjami uang US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13 triliun untuk Indonesia pada tahun ini. Bank Dunia berencana memberikan investasi miliaran dolar lagi. 

"Sekarang kami berdiskusi dengan Bappenas dan Menteri Keuangan," katanya di kantor Presiden, Rabu (20/5/2015).

Diskusi pemberian pinjaman itu disesuaikan dengan rencana blue book dari program pemerintah. Dia ingin pinjaman pendanaan untuk Indonesia meningkat pada tahun depan. Peningkatan itu diharapkan konsisten dengan rencana Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim memberi pinjaman US$ 12 miliar selama tiga tahun ke depan.

Kim mengaku telah menawarkan pinjaman ke Presiden Joko Widodo sebesar US$ 12 miliar selama tiga sampai empat tahun ke depan untuk mendukung investasi. Dukungan investasi ini untuk pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusia. Dia optimistis masa depan Indonesia cerah karena memiliki banyak sumber daya alam dan pemimpin reformis.  

Ia memuji pertumbuhan ekonomi Indonesia yang rata-rata tumbuh 6 persen dalam 10 tahun terakhir Indonesia, kata dia, juga berhasil memangkas separuh jumlah penduduk yang menderita kemiskinan ekstrem dalam 15 tahun ke angka 11,3 persen hari ini, seperti dilansir Tempo

Sementara itu, dia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi mencapai 5 persen tahun ini, atau lebih rendah daripada di masa lalu. Meski demikian, dia menuturkan banyak negara di dunia senang dengan tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen.

Terkait dengan dukungan pendanaan USS 1 miliar dari Bank Dunia, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan hal tersebut dalam rencana pinjaman pemerintah. 

"Kita akan pakai sesuai kebutuhan," katanya. (*)

Post Top Ad