Ini 4 Kesalahan saat Menyimpan Makanan di Kulkas - MEDIA ONLINE

Hot

Saturday, January 3, 2015

Ini 4 Kesalahan saat Menyimpan Makanan di Kulkas


MEDIA ONLINE -
Akhir pekan bisa jadi saat yang tepat untuk merapikan isi kulkas. Mungkin Anda menemukan susu beraroma bawang atau selada yang layu dalam waktu seminggu. Hal ini mungkin terjadi karena salah melakukan penyimpanan di lemari es.

​Tak bisa asal taruh dan simpan. Makanan yang disimpan di dalam kulkas harus dilakukan secara benar. Agar makanan awet segarnya dan kualitasnya tetap sama saat dikonsumsi. ​​Hindari kesalahan ini saat menyimpan bahan makanan di kulkas, seperti dilansir detik.com, Sabtu (3/1/2014).​

1. Menyimpan susu dan produk olahannya di area pintu
Suhu paling hangat ada di daerah pintu kulkas. Ini bisa menyebabkan susu, yoghurt, atau mentega lebih cepat rusak. Sebaiknya tempatkan produk susu di rak kulkas atau di kotak chiller.​

2. Tidak menaruh daging dalam laci khusus daging
Pada beberapa​ model kulkas, kompartemen ini dirancang untuk menjaga makanan lebih dingin dibanding bagian lainnya.

​Wadah ini ideal ​untuk daging mentah, ayam, dan olahan daging seperti sosis atau smoked beef. Laci ini seringkali memiliki beragam pengaturan. 

Pilihlah pengaturan paling dingin​, ​suhu daging sedikit di bawah titik beku agar tetap segar lebih lama. Ingatlah untuk menempatkan daging mentah dalam wadah tertutup atau kantong plastik supaya jus tidak merembes dan mencemari makanan lain.

3. Tidak membungkus makanan dengan tepat
Pastikan Anda membungkus makanan dalam plastik​ tebal​ dengan erat sebelum memasukannya dalam freezer. Keluarkan udara dengan merapatkan pembungkus di sekitar makanan.

Jika memakai wadah penyimpanan, penuhi makanan sampai hampir mencapai permukaan agar tidak terjadi freezer burn (kerusakan makanan beku karena udara mencapai makanan).

4. Tidak menyimpan makanan dan buah dalam laci
Laci khusus pada chiller bisa menjaga ​kesegaran ​selada, brokoli, dan sayuran lainnya. Atur kelembaban paling tinggi agar kesegaran sayuran bisa lebih lama.

Gunakan laci lainnya untuk menyimpan buah dengan pengaturan kelembaban paling rendah. Punya bawang putih yang sudah diiris?

Bungkus dalam plastik dan tempatkan dalam laci sayuran agar tidak me​nularkan​ aroma pada makanan lain seperti susu.

Post Top Ad