Hilang Kontak, Pesawat Air Asia Dikabarkan Jatuh di Perairan - MEDIA ONLINE

Hot

Sunday, December 28, 2014

Hilang Kontak, Pesawat Air Asia Dikabarkan Jatuh di Perairan


JAKARTA - Pesawat AirAsia dilaporkan hilang dalam perjalanan dari Surabaya ke Singapura, Minggu pagi ini (28/12/2014). Pesawat Airbus Air Asia A 320 dengan nomor penerbangan QZ 8501 itu dikabarkan jatuh di perairan laut Belitung Timur, Bangka Beiltung. Namun belum dipastikan titik lokasi jatuhnya pesawat tersebut.

Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan, Djoko Murjatmojo memastikan bahwa pesawat tersebut hilang dalam pantauan radar. "Saat ini saya sedang di pos pemantauan untuk menunggu berbagai laporan yang masuk," ujarnya saat dikonfirmasi.

Dia mengatakan, nanti pihak Kementerian Perhubungan akan memberikan keterangan resmi perihal hilangnya pesawat AirAsia tersebut.

Sementara itu mengutip data penerbangan dari Flightradar, pesawat AirAsia yang hilang adalah Airbus A320 dengan nomor registrasi PK-AXC. Pesawat tersebut berangkat dari Surabaya pukul 05.20 pagi dan sampai di Singapura seharusnya pukul 08.30 waktu setempat atau pukul 07.30.

Selama ini, AirAsia memiliki reputasi keselamatan yang baik, termasuk ketepatan waktu terbang.
 
"Tadi Pak Danlanud telepon Bapak (Basuri), ngasi informasi ada pesawat Air Bus jatuh di sekitar perairan Beltim," ungkap Yuhinu, ajudan Bupati Beltim Basuri T Purnama, seperti dilansir tribunnews.com.

Terpisah Kasat Polair Beltim AKP Yanto mengatakan, informasi yang diperoleh dari direktorat polair Babel, perkiraan lokasi perairan Babel. Namun masih dipastikan lokasi pesawat jatuh.

"Kita masih koordinasi dengan direktorat dan mengumpulkan informasi dari nelayan maupunkapal yang melintas perairan Beltim," ungkap AKP Yanto.

Pesawat AirAsia yang terbang ke perairan Belitung Timur, Bangka Belitung dikabarkan hilang kontak dan menghilang dari radar. Pesawat AirAsia tipe Airbus 320 bernomor penerbangan QZ 8501, membawa 155 penumpang.

"Komposisi penumpang 138 dewasa, 16 anak-anak, dan satu bayi," ujar laporan dari Air Traffic Control.

Pihak ATC sudah menegaskan pesawat AirAsia tersebut hilang pukul 07.55 WIB.

"ATC sudah declare lost pukul 07.55 WIB," tegas laporan dari ATC. (*)

Berikut data pesawat AirAsia yang menghilang di perairan Belitung Timur, Bangka Belitung.

Pesawat type Airbus A320
Regristrasi : PK - AXC
Route : SUB - SIN
Flight Number : QZ 8501
Sched. Time : departure 05.20 LT - arrival 08.30 LT

Komposisi Crew:
Captain : IRIYANTO
FO : REMI EMMANUEL PLESEL
4 Flight Attendants:
SFA : WANTI SETIAWATI
FA : KHAIRUNISA HAIDAR FAUZI
FA : OSCAR DESANO
FA : WISMOYO ARI PRAMBUDI
1 ENG : SAIFUL RAKHMAD

Post Top Ad