Tinjau Arus Mudik di Bakauheni, Kapolri Ingatkan Pemudik Motor - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, July 24, 2014

Tinjau Arus Mudik di Bakauheni, Kapolri Ingatkan Pemudik Motor

Kapolri Jendral Sutarman (ketiga dari kiri) dan Gubernur Lampung Ridho Ficardo (keempat dari kiri) saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Kamis (24/7/2014). (Henk Widi/LO)

LAMPUNG SELATAN - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Sutarman menghimbau pemudik untuk segera mudik jika sudah siap. Hal tersebut diungkapkannya untuk menghindari terjadinya kemacetan serta demi keselamatan pemudik ke kampung halamannya.

"Kalau mau mudik sekarang silakan, karena puncak arus mudik kami prediksi bisa H-3 hingga H-2 Lebaran. Segeralah mudik jika sudah siap," ungkap Jenderal Sutarman saat meninjau Pelabuhan Bakauheni, Kamis pagi (24/7/2014).

Sutarman menghimbau agar pemudik memperhatikan faktor keselamatan. Bahkan secara khusus kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua, Sutarman mengingatkan agar mempersiapkan kendaraannya dengan baik.

"Cek surat kendaraan, fisik kendaraan, jangan mengemudi jika ngantuk dan segera beristirahat di rest area terdekat untuk berolahraga sejenak serta mengisi bahan bakar, " ujar Sutarman.

Kapolri juga menghimbau agar pengendara berhati-hati dalam melakukan perjalanan. Sebab berdasarkan catatan kepolisian, pada arus mudik tahun lalu pemudik yang meninggal dunia dengan kendaraan bermotor mencapai  795, mengalami luka berat sebanyak 1.135.

Dalam kunjungannya ke Pelabuhan Bakauheni, Kapolri juga mendengarkan pemaparan dari pihak PT ASDP yang dilakukan oleh kepala cabang PT ASDP Bakauheni Lamane. Selain itu memeriksa Pos pengamanan Polda Lampung, kesiapan terminal dan ruang tunggu penumpang. Bahkan Kapolri sempat berbincang dengan pemudik dari Lampung yang akan pulang ke Pulau Jawa.

Dalam pemaparan tersebut diungkapkan kapal Roro yang disiapkan di Selat Sunda sekitar 63 kapal. Sebanyak 6 dermaga pun dipastikan siap untuk arus mudik tahun ini.

Selain itu pihak PT ASDP bekerjasama dengan pihak kepolisian akan menjaga keamanan para pemudik yang akan melakukan perjalanan dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera.

"Saya sudah perintahkan Kapolda Lampung untuk mengamankan jalur mudik, bahkan untuk menekan kriminalitas disiapkan sniper. Pemudik dipastikan aman melakukan perjalanan," ungkap Sutarman.

Dalam kunjungan tersebut Kapolri didampingi oleh Gubernur Lampung Ridho Ficardo, Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko, Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP. (Henk Widi)

Post Top Ad