Mendikbud: Penjual Kunci Jawaban UN adalah Pengkhianat! - MEDIA ONLINE

Hot

Friday, April 1, 2016

Mendikbud: Penjual Kunci Jawaban UN adalah Pengkhianat!

Anies Baswedan

MEDIA ONLINE - Tekanan yang dihadapi siswa peserta UN 2016 meningkat, seiring kian dekatnya masa ujian. Meski demikian, para siswa diharapkan tidak terpaku pada iming-iming kunci jawaban yang mungkin ditawarkan oknum.

Pesan tersebut disampaikan Mendikbud Anies Baswedan dalam konferensi pers persiapan UN 2016 di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (1/4/2016). Anies meyakini, masih banyak anak baik di Indonesia.

"Jangan percaya pada kunci jawaban yang tidak jelas! Jika ada yang menawarkan kunci jawaban, katakan ke mereka, 'Anda adalah pengkhianat publik. Karena telah mengkhianati para guru yang dengan sabar dan mulia mengajarkan anak didik mereka,'" ujar Anies, seperti dilansir Okezone.

Sementara itu, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Kemdikbud, Prof Nizam menambahkan, untuk menjaga keamanan soal yang dipakai pada ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Kemdikbud telah bekerjasama dengan sejumlah pihak. Salah satunya yaitu dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menghindari adanya hacker.

"Sementara ini kami cukup percaya diri terhadap sekolah yang melakukan kecurangan. Karena bank soal juga sudah banyak, jadi kalau terjadi masalah, bisa dengan cepat ganti soal. Tidak perlu mengerjakan sesuatu yang tidak ada gunanya," jelas dia. (*)

Post Top Ad