Robot Kecil Ini Bantu Sembuhkan Penyakit Manusia - MEDIA ONLINE

Hot

Wednesday, June 3, 2015

Robot Kecil Ini Bantu Sembuhkan Penyakit Manusia


LAMPUNG ONLINE - Robot kecil yang menyerupai bentuk origami suatu hari diharapkan dapat menyembuhkan pasien dari penyakit tertentu. Robot buatan peneliti MIT di Amerika Serikat ini bisa melipat tubuhnya sendiri, berjalan, melewati material, berenang dan menghancurkan dirinya sendiri.

Dilansir dari Cbc dan Okezone pada Rabu (3/6/2015), robot origami ini kabarnya memiliki berat 0,3 gram dan mampu bergerak secara otomatis. Robot kecil tersebut mampu mendorong muatan ringan, berjalan di lengan manusia dan berenang di permukaan air.

Bentuknya yang kecil, konon robot bisa dimasukan ke dalam tubuh manusia, membantu untuk tugas medis dan menghancurkan dirinya sendiri saat selesai menunaikan tugasnya. Tim dari Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory MIT mengungkap robot origami yang telah dikembangkan sejak 2012.

Robot ini mampu bekerja secara nrikabel, teknologi tether atau baterai. "Ini adalah pertama kalinya bahwa robot telah mampu menunjukkan siklus hidup lengkap seperti ini. Dan akhirnya, itu akan melakukannya di dalam tubuh Anda," kata peneliti Evan Ackerman.

Riset tim MIT akan dipresentasikan pada konferensi yang digelar pada Rabu. Robot miniatur ini diklaim bisa menjanjikan berbagai aplikasi medis untuk digunakan dalam tubuh manusia. (*)

Post Top Ad