Lampung Sumbang 45 Persen Produksi Udang Nasional - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, June 11, 2015

Lampung Sumbang 45 Persen Produksi Udang Nasional


LAMPUNG - Produksi udang hingga kini masih menjadi primadona dalam industri perikanan di Indonesia, dan Provinsi Lampung menyumbang 45 persen dari seluruh total produksi udang dalam negeri. Saat ini, komoditas tersebut diekspor ke Amerika Serikat, Jepang, ASEAN dan Uni Eropa.

"Total ekspor dari sektor perikanan pada 2014 mencapai US$ 4.683,5 miliar. Selain udang, komoditas lain yaitu tuna, tongkol dan cakalang tetap disukai konsumen mancanegara," kata Direktur Pemasaran Luar Negeri Direktorat Jenderal Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan (Ditjen P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Artati Widiarti, Kamis (11/6/2015).

Menurutnya, perlu peran aktif semua pihak agar pelaksanaan perdagangan luar negeri berjalan lancar. Antara lain pelaku usaha bisnis dengan pemerintah, baik di pusat maupun daerah.

"Terdapat tiga pilar utama untuk melaksanakan perdagangan, kedaulatan, berkesinambungan, dan prospek cerah," kata Artati Widiarti.

Ia menjelaskan, saat ini sumber daya perikanan nasional cukup besar. Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar. Namun, lanjutnya, hasil perikanan Indonesia di Asia baru menempati posisi ketiga setelah Thailand dan Vietnam. Karena itu, menurutnya, diperlukan usulan-usulan dalam perundingan, sehingga pemerintah mengetahui nilai-nilai yang perlu diperjuangkan.

Pelaksana Harian Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Lampung Yuria Putra Tubarad menjelaskan permasalahan dunia usaha dalam melakukan akses pasar produk perikanan di luar negeri. Secara eksternal antara lain yaitu kepercayaan eksportir dan importir dan daya saing produk kelautanan perikanan di pasar luar negeri, seperti dilansir Beritasatu.

"Secara internal masalah kita yaitu persiapan teknis seperti masalah izin, kemampuan dan pemahaman transaksi luar negeri serta pembiayaan," kata Yuria.

Akademisi Universitas Lampung Marselina Djayasinga menyebutkan saat ini peluang pasar di sektor perikanan masih cukup besar. Tercatat ekspor ikan hias di Indonesia baru memenuhi 7 persen pasar dunia. Sementara dari 1.100 spesies ikan air tawar sebanyak 40 persen atau 450 spesies dan 700 ikan hias berasal dari laut Indonesia. (*)

Post Top Ad