Facebook Kuras Daya Baterai Ponsel? Ini Cara Atasinya - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, June 11, 2015

Facebook Kuras Daya Baterai Ponsel? Ini Cara Atasinya


LAMPUNG ONLINE – Aplikasi social media facebook memang banyak digandrungi semua kalangan, hampir semua orang yang terhubung lewat koneksi internet dipastikan punya akun dan aktif dalam jejaring social yang satu ini. 

Maka tak heran beragam ponsel terbaru memiliki aplikasi untuk memudahkan pengguna untuk terhubung ke media facebook. Dan menurut catatan, Indonesia menjadi salah satu Negara pengguna facebook terbesar di dunia, seperti dilansir hargadroid, .

Jika baterai smartphone Anda terasa berkurang dari 100% menjadi 0% hanya dalam jangka waktu hitungan menit, jangan terburu-buru menyalahkan kualitas baterai yang kurang bagus. Karena Bisa jadi itu karena adanya aplikasi yang banyak menguras baterai yang sudah Anda install di ponsel Anda, seperti Facebook.

Dalam sejumlah penelitian, Facebook app selalu dikatakan sebagai salah satu aplikasi yang banyak membutuhkan daya baterai agar menjaga setiap fiturnya berjalan bagus. Salah satu tes baru-baru ini juga mengungkap tentang hal tersebut, seperti yang dilakukan oleh salah seorang mantan pegawai Apple yang mem-post via Overthought.org. 

Disebutkan bahwa salah satu faktor yang menjadikan baterai smartphone terkuras adalah aplikasi Facebook yang terinstall dalam iPhone dengan Location Services dan Background App Refresh yang diaktifkan.

“Saya mencoba menjalankan Instruments aplikasi Facebook via Xcode, developer tool bikinan Apple, untuk mengetahui masalah sebenarnya. Pada hakikatnya Instruments bekerja sebagai sebuah Activity Monitor untuk sebuah iPhone, yang menjadikan para developer (atau orang seperti saya) untuk mengetahui setiap proses yang sedang berjalan dan seberapa besar memory dan daya prosesor yang digunakan oleh setiap aplikasi tersebut secara real-time.

Selama proses test berlangsung, Facebook terus menerus melakukan lompatan dalam daftar proses walaupun saya tidak sedang memakainya. Lalu saya mencoba mematikan Location Services dan Background App Refresh untuk Facebook, dan memang tidak pernah diduga apa yang terjadi sesudahnya: persentase baterai meningkat. Baterai melonjak naik dari 12% menjadi 17%. Saya belum pernah melihat hal seperti ini terjadi pada iPhone.”

Kesimpulannya, mengapa Facebook memakai begitu banyak daya baterai untuk menjalankan aplikasinya? Gampang saja, ini karena Facebook ingin menggunakan jaringan VoIP miliknya sendiri. Bahkan ComputerWOrld mensinyalir bahwa Facebook ingin jadi lebih besar dari sekedar media sosial, melainkan menjadi sebuah jaringan komunikasi global yang mendunia.

Dan mungkin saja karena itulah Facebook membeli WhatsApp, dan mengapa Facebook secara terus-menerus ping pada background: Facebook sedang merencanakan rilis sebuah telekom global yang dapat ‘mengangkat’ setiap perangkat, termasuk didalamnya iPhone dan Android.

Namun tentunya hanya Facebook yang dapat menjawab mengapa mereka butuh daya baterai cukup besar sementara alasan di atas masih dalam batas teori dan spekulasi. Meski begitu Anda bisa memakai cara yang sama untuk mengemat baterai ponsel Anda karena aplikasi Facebook. Anda cukup mematikan Location Services (Settings>Privacy>Location Services) dan Background App Refresh (Settings>General>Background App Refresh) pada handset Anda, baik pada perangkat iOS ataupun Android.

Cukup mudah bukan? Tips yang sangat simple untuk anda gunakan untuk menghemat daya baterai ponsel anda. Dengan begini, anda bisa tetap terhubung ke media social facebook namun tetap bisa menghemat baterai sehingga penggunaan ponsel akan lebih efisien. (*)

Post Top Ad