Facebook I’m Voter, Fitur Pencegah Golput Saat Pemilu - MEDIA ONLINE

Hot

Sunday, May 10, 2015

Facebook I’m Voter, Fitur Pencegah Golput Saat Pemilu


LAMPUNG ONLINE - Facebook (FB) di momen Pemilihan Umum 2015 di Inggris menghadirkan fitur khusus yakni tombol 'I’m a voter'. Tombol ini untuk mengabarkan jika pengguna telah memilih di gelaran akbar pesta rakyat di negeri Britania Raya itu. Fitur ini bisa dibilang sukses dalam menekan angka golput atau pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya. Mengapa?

Laman Telegraph dan Sidomi, Jumat (8/5/2015) menyebut jika tombol 'I’m a voter' telah diklik lebih dari satu juta kali. Ini artinya bisa dikatakan setidaknya ada satu juta orang yang telah ikut ambil bagian, dalam pesta demokrasi di Inggris. Sedianya, apa fungsi utama tombol tersebut?

Pada pekan ini Facebook mengumumkan melepas satu fitur yang untuk kali pertama diaplikasikan dalam Pemilihan Umum di Inggris. Fitur ini untuk menginformasikan jika pengguna Facebook di Inggris telah menggunakan hak pilihnya. Tercatat ada 1,2 juta user yang menggunakan fitur ini.

Fitur serupa juga pernah diimplementasikan di Pemilu Eropa serta tiga pemilihan presiden terakhir di Amerika Serikat (AS). Facebook percaya jika fitur ini memiliki efek positif bagi pemilih dan satu studi kasus pada tiga tahun lalu menunjukkan bukti kuat tentang itu.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 oleh jurnal ilmiah Nature mengungkap data jika 300 ribu orang ke tempat pemungutan suara di AS selepas membaca informasi jika teman-teman mereka di Facebook memberikan haknya dalam pesta demokrasi. Jika sukses di sejumlah negara maju, Indonesia bisa jadi sasaran berikutnya mengingat negeri ini adalah salah satu negara demokrasi terbesar di dunia. (*)

Post Top Ad