RoboSimian, Robot Pengganti Manusia Tangani Bencana - MEDIA ONLINE

Hot

Wednesday, December 31, 2014

RoboSimian, Robot Pengganti Manusia Tangani Bencana


WASHINGTON – NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) baru-baru mengembangkan beberapa jenis robot yang akan dikembangkan untuk merespon terhadap bencana. Robot ini dirancang khusus dengan cara kerja seperti kera.

Pada dasarnya, Robot yang diberi nama RoboSimian ini berfungsi untuk merespon kondisi gawat darurat. Robot ini ditargetkan untuk menangani bencana seperti nuklir.

Penggunaan robot untuk situasi tersebut sangat membantu karena secara keseluruhan Simian tidak akan merasa lelah atau letih, dan robot ini juga tidak akan terpapar bahaya dari radiasi nuklir tersebut.

Meskipun tidak dilengkapi oleh kepala, Simian akan dilengkapi dengan tujuh kamera ganda yang dapat berfungsi seperti mata. Sementara itu, bagian badan yang lain berfungsi sebagai lengan atau kaki, tergantung dari situasi di lapangan.

Dilansir Ubergizmo dan okezone.com, Rabu (31/12/2014), selain dapat mengambil dan memanipulasi benda, robot tangkas ini juga dapat melalui jalan dengan medan kasar dan berpuing.

Jet Propulsion Laboratory ini merupakan laboratorium yang membuat dan mengoperasikan pesawat luar angkasa untuk NASA. Proyek yang dijalankan JPL termasuk misi Jupiter Galileo dan Mars Rover. (*)

Post Top Ad