Ini 7 Hoax yang Menggemparkan Facebook Sepanjang 2014 - MEDIA ONLINE

Hot

Sunday, December 28, 2014

Ini 7 Hoax yang Menggemparkan Facebook Sepanjang 2014


LAMPUNGONLINE – Kabar terbaru tentang media sosial Facebook (FB) hadir, dimana menjelang penutupan tahun 2014 FB merilis 7 hal atau berita hoax yang menggemparkan dunia FB. Banyak dari user yang menganggap jika mereka langsung mempercayai berita atau hal yang ada di FB. 

Meskipun disertai dengan gambar, namun sebelum sumber becerita itu belum bisa dinamakan fakta alias masih sebuah opini alias palsu. Biasanya, banyak user yang minta kejelasan berita tersebut dengan berkomentar “no pict = hoax”.

Menurut Cabell Gathman dari The Daily Dot, media sosial memang membuat seseorang rentan untuk mendapatkan berita hoax alias berita palsu. Dan bahayanya, banyak dari kita yang mudah percaya begitu saja dengan kabar bohong tersebut.

Mengutip laman Huffington Post,dan dilansir iberita.com, Selasa (16/12/2014), mari kita simak sejumlah hoax yang beredar di Facebook sepanjang tahun 2014 berikut ini.

1. Macaulay Culkin Mati Muda
Siapa yang tak kenal dengan aktor yang satu ini, sering sekali tampil di TV Indonesia pada film Home Alone, Culkin dikabarkan mati muda. Menurut laman Snopes, berita palsu yang santer terdengar di Facebook dimulai dari kabar kematian mantan bintang cilik Macaulay Culkin, yang dengan cepat tersebar di situs media sosial tersebut.

Tapi pada kenyataannya, Macaulay Culkin masih hidup. Kabar hoax ini berawal dari tampilan gambar yang seperti sebuah screenshoot dari berita TV bertuliskan: “Breaking: Macaulay Culkin Found Dead At Age 34.” Tampilan gambar yang terlihat jelas tersebut bahkan disebar di FB kurang lebih pada 700 ribu user atau pengguna media sosial ini.

2. Meninggalnya Betty White
Pada tanggal 2 September 2014 lalu, orang di situs Empire News membicarakan tentang sesuatu yang terbilang menyakitkan bagi Betty, karena orang – orang tersebut membahas kematian Betty White. Artikel berjudul “Actress Betty White Dyes Peacefully In Her Los Angeles Home,” itu disebar lebih dari 2 juta kali di Facebook.

Berita tersebut langsung di bantah sendiri oleh Betty. Wanita berusia 92 Tahun tersebut masih terlihat sehat walafiat dengan melakukan beberapa aktivitas bersama orang-orang terdekatnya.

3. iPhone Bisa Dicharge di Pemanggangan
Pengguna situs 4chan digemparkan dengan battery iPhone mampu di charge di sebuah pemanggangan atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Microwave. Namun itu hoax, ada pengguna yang benar melakukan hal tersebut dan akhirnya ponselnya hancur terbakar di microwave.

4. Pluto Muncul Sebagai Planet Lagi
Berita keempat yang dianggap hoax adalah pluto muncul sebagai planet lagi. Banyak artikel yang tersebar ke Facebook dengan tajuk “Wait, what? Pluto a planet again? ” dan “The People Have Spoken: Pluto is a planet!” Tiga ahli fisika berdebat tentang status Pluto sebagai planet dan para peserta di even Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics diminta men-voting untuk menentukan apakah Pluto itu sebuah planet. Hasilnya, banyak peserta memilih Pluto sebagai planet mini.

5. FB akan Memungut Biaya Bagi Penggunanya
Kabar palsu selanjutnya muncul dimana pihak FB berencana akan memungut biaya kepada penggunanya sebesar $3 atau sekitar 36 ribu per bulan. Berita ini sendiri muncul pada bulan September 2014.

Namun, Mark Zuckerberg membantah jika dirinya akan memungut biaya kepada para pengguna media sosial buatan dirinya. Berita ini telah tersebar kurang lebih 2,3 juta kali di Facebook.

6. Kanker Bisa Disembuhkan Menggunakan Kulit Lemon
Kabar palsu selanjutnya hadir dimana media Natural News mengabarkan jika kanker bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi kulit lemon. Berita hoax ini langsung mendapatkan reaksi positif bagi pengguna FB bahkan berita ini telah tersebar kurang lebih ratusan ribu di FB.

7. Tragedi 9/11 Tidak Benar-Benar Terjadi
Sebuah artikel tentang Tragedi 9/11 yang menyesatkan beredar secara luas di internet. Artikel itu mengklaim bahwa mereka memiliki sebuah video yang menunjukkan bahwa peristiwa yang terjadi pada 11 September 2011 di World Trade Center (WTC), Amerika Serikat itu tidak benar-benar terjadi.

Artikel ini menuai banyak komentar pedas dan tercatat telah disebar lebih 380 ribu kali di Facebook. Tak lama kemudian, sejumlah portal berita kenamaan membuktikan bahwa video itu tidak benar.

Nah itu 7 hal atau peristiwa hoax yang dirilis oleh FB, mungkin bagi anda yang pernah melihat hal tersebut ada yang mempercayainya dan ada yang menganggap hal itu adalah hoax. (*)

Post Top Ad