Arkeolog Temukan Kerangka Firaun Baru di Mesir - MEDIA ONLINE

Hot

Thursday, January 16, 2014

Arkeolog Temukan Kerangka Firaun Baru di Mesir

Mummi Firaun

KAIRO - Sejumlah arkeolog di Mesir yakin menemukan jasad firaun belum dikenal, yang memerintah sekitar 3.600 tahun lalu.

Kerangka Raja Senebkay itu ditemukan di Abydos Selatan di Provinsi Sohag, sekitar 500 kilometer selatan Kairo, oleh peneliti dari Universitas Pennsylvania bekerja sama dengan pemerintah, kata Kementerian Purbakala Mesir.

Nama Raja Senebkay belum pernah didengar dalam sejarah kuno Mesir, ditemukan tertera dalam tulisan hieroglif dalam catatan kerajaan berbentuk oval dengan garis mendatar dan pada bagian akhir terdapat tandatangan nama raja, katau kementerian purbakala.

Foto-foto diberikan seiring pernyataan itu memperlihatkan kubur batu yang rusak parah dalam ruang pemakaman tanpa atap. Dinding batunya berhias gambar-gambar dicat. Foto itu juga menunjukkan kerangka sang firaun terbaring di atas selembar kain putih.

"Ia sebetulnya dimumi tapi mayatnya sudah diangkat oleh perampok kubur," demikian tertulis teks foto tersebut.

"Tidak ditemukan perangkat pemakaman di kubur tersebut menjelaskan bahwa makam ini sudah pernah dirampok pada zaman firaun," demikian pernyataan itu mengutip Ali al-Asfar, pejabat kementerian, seperti dilansir iyaa.com.

Dalam pernyataan berbahasa Arab, Joseph Wegner, kepala ekspedisi menambahkan, kesederhanaan ukuran makam menunjuk keadaan kemunduran ekonomi pada masa itu.

Pernyataan tanggal kekuasaan Raja Senebkay menunjukkan tahun 1650 Sebelum Masehi masa yang dikenal sebagai periode tengah kedua ketika pemerintah pusat jatuh dan kerajaan-kerajaan kecil bermunculan dan akhir dari kerajaan Tengah serta mulainya masa kerajaan baru. (*)

Post Top Ad